5 Pentingnya Fungsi Manajemen Inovasi dalam Perusahaan

profil
By admin
fungsi-manajemen-inovasi

Manajemen inovasi sangat bermanfaat bagi pertumbuhan sebuah perusahaan maupun individu menuju ke arah yang positif.

Ide-ide yang digunakan pada manajemen inovasi pertama kali dikemukakan oleh ekonom asal Australia, Joseph Schumpeter, sekitar tahun 1930.

Manajemen inovasi membantu organisasi memahami kesempatan dan menggunakannya untuk membuat dan memperkenalkan ide-ide baru, proses, atau produk secara industri. Kreativitas adalah dasar manajemen inovasi; tujuan akhirnya adalah perubahan dalam pelayanan atau proses bisnis

Dari dasar-dasar dan tujuan akhir inilah ada banyak fungsi manajemen inovasi yang jika kita terapkan ke dalam perusahaan, akan punya dampak yang sangat baik, beberapa diantaranya sudah kami rangkum pada daftar berikut.

Pengertian Manajemen Inovasi

Sebelum memahami lebih jauh fungsi-fungsinya, kita harus mengerti terlebih dahulu penjelasan dasar dari sebuah manajemen inovasi yang ada di dalam bisnis dan perusahaan.

Manajemen Inovasi adalah kombinasi dari manajemen dari proses inovasi dan manajemen perubahan. Hal ini mengacu pada produk, proses bisnis serta inovasi dan kreativitas organisasi.

Inovasi dicapai apabila kita sering bertanya: what dan how pada level yang tinggi, yang diikuti oleh serangkaian proses mulai dari pengumpulan ide-ide kreatif, pengolahan ide-ide kreatif menjadi informasi inovatif, penilaian kelayakan untuk implementasi, dan implementasi proyek-proyek inovasi.

Tanpa proses inovasi yang tepat, tidak mungkin untuk menghasilkan produk yang efektif dan efisien, sehingga tidak mungkin pula kita mampu memberikan nilai inovasi kepada pasar dan pelanggan.

5 Fungsi Manajemen Inovasi

Setelah mengetahui apa penjelasan manajemen inovasi, saatnya kita menerapkannya ke dalam perusahaan yang sedang kita duduki.

Bila belum yakin dengan apa tujuan dan manfaat manajemen inovasi, baca lebih lanjut semua fungsinya melalui daftar berikut ini.

1. Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Sudah sangat jelas terlihat dari pengertian dan penjelasannya, manajemen inovasi sangat berpengaruh pada kualitas dari produk dan layanan milik perusahaan Anda.

Produk dan layanan yang selalu disisipkan sebuah inovasi mengikuti trend, perkembangan zaman serta kepribadian market akan membuat kualitasnya semakin membaik.

Hal ini tentu akan menjamin keberlangsungan hidup perusahaan untuk semakin kompetitif dibandingkan perusahaan lain yang menawarkan produk serta layanan serupa.

2. Membantu Tim Jadi Lebih Produktif dan Efisien

Motivasi kerja karyawan datang tidak dari satu atau dua faktor yang disediakan oleh perusahaan. Tapi, motivasi mereka akan jauh lebih baik apabila perusahaan melakukan inovasi sesuai dengan keinginan.

Hal ini dikarenakan dengan menerapkan manajemen inovasi maka kita bisa mengerjakan berbagai hal dan menghasilkan output dalam waktu yang singkat.

Dengan manajemen inovasi yang tepat, hal ini akan memudahkan kita dalam mengendalikan berbagai hal sehingga kita bisa menggunakan waktu bekerja secara efektif dan efisien.

Bahkan, suatu saat inovasi akan menciptakan karakter pemimpin yang jauh lebih baik daripada sebelumnya.

3. Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan

Seiring dengan kualitas produk yang semakin bagus dan tim yang termotivasi, kepuasaan pelanggan lama dan baru akan semakin tinggi.

Kepuasaan pelanggan yang tinggi akan menciptakan citra bisnis yang bagus di mata pelanggan dan membuat mereka dengan mudah merekomendasikan produk dan layanan Anda ke orang lain tanpa harus diminta terlebih dahulu.

4. Memperluas Market

Setiap bisnis, pasti menginginkan dan mengharapkan adanya perkembangan/perluasan market. Karena, luasnya market perusahaan akan berbanding lurus dengan pendapatan bisnis yang juga meningkat.

Memperluas market memang bukan hal yang mudah. Namun, dengan manajemen inovasi yang Anda hadirkan, maka akan muncul beragam solusi untuk bisa memikat konsumen baru serta memenangkan persaingan.

Jadi, dari sini perusahaan Anda tentu akan bisa mendapatkan omset yang lebih besar. Karena, selain bisa mempertahankan pelanggan lama, juga bisa mendatangkan pelanggan baru.

5. Menstabilkan Kondisi Keuangan Perusahaan

Pada beberapa perusahaan yang masih memiliki masalah pada keuangan yang tidak stabil, manajemen inovasi akan menjadi solusi yang tepat.

Karena, manajemen inovasi yang juga meliputi inovasi organisasi ini memang akan dapat mengubah kebiasaan finansial lama yang buruk.

Jadi, saat manajemen ini diterapkan, maka akan terciptalah kebiasaan keuangan yang semakin membaik, sehingga perusahaan Anda dapat melakukan reduksi biaya atau pengeluaran secara dramatik.

Dapatkan konsultasi membuat laboratorium inovasi yang kompeten bersama 2.000+ inovator di SPRINTHINK dengan mengisi form yang ada di halaman home website, tim kami akan menghubungi perusahaan Anda maksimal 1×24 jam.

Ditulis oleh Rendy Andriyanto

Like it? Share it!

Get In Touch!

Ingin konsultasi seputra pengembangan inovasi di perusahaan Anda? Jangan ragu hubungi kami, konsultasi gratis.

    8 Kriteria Perusahaan Inovatif yang Wajib Ditiru

    Inovasi tidak datang dengan sendirinya ke dalam sebuah perusahaan. Membutuhkan perusahaan yang secara aktif mengembangkannya dalam ribuan cara, mulai dari mempekerjakan anggota tim baru hingga meluangkan waktu untuk bereksperimen pada ide-ide segar. Namun, ada beberapa kriteria perusahaan inovatif yang dapat kita kenali dan kita tiru untuk menjadikan perusahaan Anda sendiri lebih mudah berkembang dan mendapatkan

    By admin
    Baca Selengkapnya

    10 Cara Meningkatkan Produktivitas Manajemen Perusahaan di 2022

    Sejak pandemi COVID-19 melanda, banyak hal yang berubah dalam kehidupan, termasuk dalam dunia kerja. Meski bekerja secara remote bukan konsep baru, tapi di era New Normal, banyak perusahaan yang menerapkan Work From Home alias bekerja online dari rumah. Bahkan, tak sedikit perusahaan yang menerapkan  sistem kerja hybrid bagi karyawan, kadang datang ke kantor, dan selebihnya

    By admin
    Baca Selengkapnya

    7 Cara Meningkatkan Kemampuan Leadership Terbaik

    Tahukah Anda bahwa 79% karyawan akan meninggalkan pekerjaannya jika mereka tidak merasa dihargai oleh mereka yang memegang peran kepemimpinan? Seperti kata pepatah, orang berhenti karena bos, bukan perusahaan. Inilah sebabnya penting bagi manajer untuk terus-menerus melihat bagaimana meningkatkan kemampuan leadership mereka. Tidak hanya itu akan meningkatkan omset, tetapi tim Anda akan lebih produktif, efisien dan

    By admin
    Baca Selengkapnya