Bagaimana Cara Berinovasi di Perusahaan? Ikuti 8 Langkah Berikut!

profil
By admin
cara-berinovasi

Dalam persaingan bisnis yang semakin sengit saat ini, membuat siapapun pengusahanya mau tak mau harus terus bergerak dan tahu cara berinovasi dengan pasti.

Bisnis yang diam tanpa pengembangan produk atau manajemen memang akan mudah tergeser atau tersisih. Dari sinilah peran inovasi dalam sebuah bisnis sangat penting bagi kelanjutan perusahaan.

Tapi bagaimana cara berinovasi atau menciptakan ide dan solusi dari permasalahan di dalam perusahaan? Berikut penjelasannya.

1. Kedepankan Peran Pemimpin 

Seorang pemimpin di perusahaan memang punya peran yang krusial. Selain akan menentukan kebijakan, mereka akan menjadi panutan bagi karyawannya.

Nah dari sinilah maka perusahaan yang ingin menghadirkan inovasi perlu mengedepankan peranan pemimpin yang inovatif. Pemimpin harus memiliki visi, jiwa optimis, kreatif serta bersemangat selalu dalam menjalankan pekerjaan.

2. Bangun Budaya Inovatif

Budaya dalam perusahaan juga tak kalah pentingnya untuk menghadirkan inovasi pada setiap pekerjanya. Untuk membangun budaya inovatif ini, perlu diciptakan lingkungan yang kreatif dan terbuka.

Selain itu kebebasan karyawan untuk berpikir dan memberi gagasan juga perlu dilakukan. Dari sini budaya inovasi akan lahir secara alami bahkan pekerja akan terdorong untuk bertanggung jawab dan mendobrak batasan dirinya.

3. Bangun Tim yang Efektif

Berikutnya, cara berinovasi di perusahaan adalah dengan membangun tim yang efektif. Kerja tim yang solid dan berperforma memang akan berpeluang besar untuk menghadirkan inovasi terbaik.

Nah untuk itulah perusahaan harus bisa membuat kerja tim dengan karakteristik tujuan jelas, struktur yang efektif, komunikasi yang terbuka dan jujur serta ketergantungan antar anggota tim.

4. Prioritaskan dan Pahami Masalah Klien dengan Baik

Perusahaan yang berorientasi pada kepuasan konsumen atau klien perlu memahami masalah dan keluhan mereka dengan baik.

Ketika perusahaan mampu untuk menjadikan masalah konsumen/klien ini sebagai prioritas, maka staff/pekerja akan terdorong untuk selalu mencari solusi dengan pemikiran yang inovatif.

Namun, untuk bisa membuat konsumen/klien puas dengan solusi yang dihadirkan, maka diperlukan sebuah pemahaman yang akurat pada masalah yang ada.

5. Bangun Sikap Apresiatif

Selanjutnya, cara menghadirkan inovasi di perusahaan adalah dengan membangun sikap apresiatif. Setiap orang atau karyawan pastinya ingin selalu mendapatkan penghargaan dari setiap apa yang telah dikerjakannya.

Maka dari itu untuk membuat karyawan mampu mengeluarkan ide-ide inovatifnya perlu dibangun sikap apresiatif serta toleransi oleh siapapun, termasuk pemimpin di perusahaan.

Sikap ini tidak hanya berlaku bila karyawan mampu mencapai target, bahkan bila mengalami kegagalan yang disebabkan oleh faktor di luar kemampuannya, maka sikap apresiatif ini juga perlu dikedepankan.

6. Ukur dengan yang Terbaik

Untuk terus memacu kinerja yang lebih baik, kita memang perlu melihat level di atas. Dengan menjadikan pesaing atau kompetitor di level atas sebagai ukuran atau acuan, maka perusahaan bisa membuat daya kerja setiap karyawan yang terus bersaing. Dari sinilah maka semua pekerja di perusahaan pun akan tergerak untuk menciptakan inovasi yang lebih baik.

7. Menerapkan Struktur Flat Management

Perlu diketahui bahwa struktur manajemen perusahaan inovatif ini cenderung datar atau lean organization. Dari struktur flat perusahaan inilah akan tercipta komunikasi yang lebih terbuka serta terdorongnya kepercayaan diri karyawan. Saat komunikasi lebih terbuka dan kepercayaan diri karyawan tumbuh maka pemikiran inovatif akan muncul. Tapi jika struktur ini tidak cocok dengan budaya perusahaan maka bisa dijalankan sebuah ajang kompetisi supaya ide-ide karyawan dapat dimunculkan.

8. Tingkatkan Skill Karyawan

Terakhir, cara berinovasi di perusahaan adalah dengan meningkatkan skill karyawan. Sebenarnya bukan menjadi sesuatu yang aneh bila perusahaan melakukan pengorbanan ketika menginginkan sesuatu yang lebih dari karyawannya.

Begitu pula saat perusahaan ingin membuat karyawannya bisa selalu berpikir inovatif, maka pemimpin atau owner harus mengakomodasi keperluan tersebut. Caranya mau tak mau skill karyawan harus ditingkatkan dengan berbagai pelatihan atau workshop atau apapun itu namanya.

Itulah beberapa cara untuk menghadirkan inovasi dalam perusahan yang bisa diterapkan. Dari sini maka seorang pemimpin atau owner perlu melihat banyak hal untuk menciptakan budaya inovasi yang maju dalam perusahaan.

Bahkan mengacu hal-hal di atas, maka bentuk pengorbanan dan peran pemimpin itu sendiri tak bisa dikesampingkan untuk mencapainya.

Dapatkan konsultasi membuat laboratorium inovasi yang kompeten bersama 2.000+ inovator di SPRINTHINK dengan mengisi form yang ada di halaman home website, tim kami akan menghubungi perusahaan Anda maksimal 1×24 jam.

Like it? Share it!

Get In Touch!

Ingin konsultasi seputra pengembangan inovasi di perusahaan Anda? Jangan ragu hubungi kami, konsultasi gratis.

    8 Kriteria Perusahaan Inovatif yang Wajib Ditiru

    Inovasi tidak datang dengan sendirinya ke dalam sebuah perusahaan. Membutuhkan perusahaan yang secara aktif mengembangkannya dalam ribuan cara, mulai dari mempekerjakan anggota tim baru hingga meluangkan waktu untuk bereksperimen pada ide-ide segar. Namun, ada beberapa kriteria perusahaan inovatif yang dapat kita kenali dan kita tiru untuk menjadikan perusahaan Anda sendiri lebih mudah berkembang dan mendapatkan

    By admin
    Baca Selengkapnya

    10 Cara Meningkatkan Produktivitas Manajemen Perusahaan di 2022

    Sejak pandemi COVID-19 melanda, banyak hal yang berubah dalam kehidupan, termasuk dalam dunia kerja. Meski bekerja secara remote bukan konsep baru, tapi di era New Normal, banyak perusahaan yang menerapkan Work From Home alias bekerja online dari rumah. Bahkan, tak sedikit perusahaan yang menerapkan  sistem kerja hybrid bagi karyawan, kadang datang ke kantor, dan selebihnya

    By admin
    Baca Selengkapnya

    7 Cara Meningkatkan Kemampuan Leadership Terbaik

    Tahukah Anda bahwa 79% karyawan akan meninggalkan pekerjaannya jika mereka tidak merasa dihargai oleh mereka yang memegang peran kepemimpinan? Seperti kata pepatah, orang berhenti karena bos, bukan perusahaan. Inilah sebabnya penting bagi manajer untuk terus-menerus melihat bagaimana meningkatkan kemampuan leadership mereka. Tidak hanya itu akan meningkatkan omset, tetapi tim Anda akan lebih produktif, efisien dan

    By admin
    Baca Selengkapnya