5 Hasil Inovasi Pada Saat Pandemi Covid

profil
By admin

Pandemi Covid-19 memang telah banyak mengubah wajah dunia, termasuk Indonesia. Pandemi yang membuat perekonomian bergerak sangat lambat, membuat pebinsis berpikir keras untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Maklum di masa pandemi, tidak sedikit bisnis yang terpaksa harus gulung tikar karena minimnya pemasukan sehingga tidak bisa menutup biaya operasional.

Saat pandemi, pergerakan atau mobilitas masyarakat memang sangat terbatas karena faktor penularan virus corona. Dari sinilah kemudian dunia bisnis begitu tersentak dengan kondisi tersebut hingga memaksa mereka harus melakukan berbagai cara agar bisa bertahan. Selain harus memangkas beberapa biaya operasional, tidak sedikit pebisnis yang juga terpaksa melakukan PHK pada karyawannya demi bisa bertahan.

Transformasi Digital

Salah satu cara lain yang muncul dari inovasi pada masa pandemi demi membuat bisnis bisa tetap bertahan adalah dengan melakukan transformasi digital. Transformasi digital sendiri merupakan cara atau strategi mengubah teknik pemasaran dari offline ke online atau digital. Dengan melakukan transformasi digital, pebisnis ingin menghadirkan cara penjualan dan pembelian yang lebih aman dari penularan Covid-19 karena minimnya kontak fisik.

Bicara soal inovasi, ternyata tidak hanya muncul dari dunia bisnis saja. Tapi dalam beberapa bidang, kita juga akan mendapati hasil inovasi yang tercipta untuk mendukung kehidupan di masa pandemi Covid-19. Berikut beberapa hasil inovasi yang muncul pada masa pandemi Covid-19.

  1. Vaksin Covid-19

Pertama, hasil inovasi yang muncul pada masa pandemi adalah vaksin Covid-19. Seperti kita tahu bahwa pandemi ini muncul karena merebaknya virus corona di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dari sini maka semua dunia berusaha mencari teknik manjur untuk melawan virus tersebut. Salah satu cara yang kemudian diambil oleh banyak negara untuk melawan covid-19 adalah dengan melakukan vaksinasi. 

Vaksin sendiri diciptakan dengan tujuan untuk menghadirkan kekebalan tubuh pada manusia. Nah ketika semua orang sudah divaksin, maka dapat tercipta kekebalan komunal (herd immunity). Vaksin Covid-19 sendiri tentu tidak muncul dengan tiba-tiba. Ini karena covid-19 sendiri adalah jenis virus baru. Hadirnya vaksin tersebut pastinya juga muncul dari proses inovasi yang tiada henti. Pasalnya vaksin covid-19 yang nantinya akan digunakan, diharuskan benar-benar aman . 

Dengan usaha tiada henti, akhinya bisa didapatkan beberapa vaksin yang benar-benar diakui keamanannya oleh badan kesehatan dunia (WHO). Berikut beberapa vaksin yang sudah diakui oleh WHO dan telah disebarkan ke beberapa dunia untuk digunakan:

  1. Vaksin BioNTech, Pfizer
  2. Vaksin CanSino
  3. Vaksin CoronaVac
  4. Vaksin Janssen
  5. Vaksin Moderna
  6. Vaksin Novavax
  7. Vaksin Oxford, AstraZeneca
  8. Vaksin RBD-Dimer
  9. Vaksin Sinopharm BBIBP
  10. Vaksin Sputnik V
  1. Telemedicine

Hasil inovasi lain yang muncul saat masa pandemi Covid-19 adalah telemedicine. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa pada masa pandemi memang membuat setiap orang selalu waspada dengan penularan virus corona yang bisa ditularkan melalui kontak fisik. Nah untuk mengatasi hal tersebut kemudian muncul hasil inovasi berupa telemedicine.

Telemedicine sendiri menurut American Academy of Family Physicians didefinisikan sebagai praktik penggunaan teknologi untuk memberikan pelayanan kesehatan secara jarak jauh. Dalam praktiknya, telemedicine ini menurut WHO dapat dibedakan menjadi dua, yakni asinkronis yang dilakukan melalui email dan sinkronis dimana ada interaksi secara langsung melaui cara online seperti video call.

Jadi dengan telemedicine tersebut, seorang pasien bisa berkomunikasi dan berkonsultasi dengan dokter menggunakan perangkat komunikasi secara online. Dari sini karena dilakukan secara jarak jauh, maka telemedicine bisa membuat kedua belah pihak baik itu pasien atau dokter sama-sama menjadi aman dari penularan Covid-19.

  1. Aplikasi Kerja Jarak Jauh

Berikutnya, hasil inovasi yang dihasilkan pada masa pandemi Covid-19 adalah aplikasi kerja jarak jauh. Seperti kita tahu bahwa pada masa pandemi ini muncul tren bekerja di rumah atau Work From Home (WFH). Tentu fenomena bekerja di rumah ini menjadi sesuatu yang baru dan membuat para pekerjanya harus beradaptasi dengan baik. 

Untungnya sekarang muncul beberapa produk teknologi yang mampu mendukung kerja jarak jauh. Munculnya produk teknologi dari hasil inovasi tersebut memang membuat work from home bisa dilakukan dengan lancar. Seperti kita tahu produk teknologi penunjang kerja online ini sudah ada sejak lama, sebut saja seperti jaringan internet, smartphone atau laptop. Namun di masa pandemi ternyata juga bermunculan beberapa aplikasi yang semakin mendukung WFH. Berikut beberapa aplikasi penunjang kerja jarak jauh masa pandemi yang paling sering digunakan:

  1. Slack
  2. Google Hangout Chat
  3. Microsoft Teams
  4. Zoom
  5. Google Meet
  6. GoToMeeting
  7. Trello
  8. Forest
  9. Google Drive
  10. Dropbox
  11. Microsoft OneDrive
  12. Google Docs
  13. Evernote
  14. Grammarly
  15. Dan lainnya
  1. Perangkat Pelindung Covid-19

Dalam masa pandemi Covid, muncul beberapa kebiasaan baru dari masyarakat agar terhindar dari penularan virus corona. Salah satu kebiasaan baru tersebut adalah memakai masker. Penggunaan masker sendiri kini bahkan telah bergeser menjadi tren fashion terbaru karena pandemi yang berlangsung lama. Masker sendiri merupakan salah satu perangkat pelindung covid yang tercipta dengan berbagai macam model di masa pandemi. Tentu saja munculnya berbagai macam model masker tersebut adalah hasil inovasi yang dilakukan oleh beberapa pihak. 

Selain masker, perangkat pelindung dari Covid-19 yang muncul di masa pandemi antara lain:

  1. Face shield
  2. Baju APD
  3. Bilik desinfektan
  4. Dan lainnya.
  1. Perangkat Pendeteksi Covid-19

Terakhir, hasil inovasi yang muncul saat masa pandemi Covid-19 adalah perangkat pendeteksi covid. Perangkat pendeteksi covid-19 ini tentu sangat penting kehadirannya untuk mengetahui lebih dini infeksi Covid-19 yang dialami seseorang. Saat seseorang terdeteksi mengalami infeksi dari perangkat ini maka mereka bisa segera melakukan isolasi dan juga pengobatan secara tepat. Perangkat pendeteksi Covid-19 sendiri tentu diciptakan dari serangkaian inovasi agar hasilnya akurat. Beberapa hasil inovasi pendeteksi Covid yang bisa kita jumpai pada masa pandemi tersebut antara lain tes antigen, swab PCR (Polymerase Chain Reaction), Oximeter dan lainnya.

Pentingnya Inovasi untuk Kehidupan

Itulah lima hasil inovasi yang bisa kita jumpai pada masa pandemi Covid-19. Dari sini terlihat bahwa inovasi merupakan sesuatu yang penting untuk meraih kehidupan lebih baik. Dengan berinovasi, manusia memperlihatkan usahanya guna meraih apa yang diinginkan dalam mengatasi masalah atau mencapai tujuan yang diharapkan. 

Namun untuk menghadirkan inovasi tersebut perlu dilakukan secara cermat agar tidak banyak membuang waktu, biaya dan tenaga. Nah untuk Anda yang sedang ingin menciptakan inovasi dalam bisnis, bisa menjadikan pelatihan Sprinthink sebagai pilihan. Sprinthink sebagai Corporate Innovation Companion menawarkan berbagai metode pengembangan diri yang telah diakui kehandalannya. Pasalnya, Sprinthink menggunakan framework design thinking yang sudah dipercaya efektivitasnya. 

Melihat tren pandemi yang akan berakhir, tentu Anda tak perlu ragu lagi untuk segera menggunakan jasa pelatihan dari Sprinthink bagi karyawan di perusahaan. Jika Anda sudah yakin, maka pastikan memilih patner pelatihan Spinthink ini dengan cemat. Dan salah satu partner terpercaya dan kredibel yang bisa Anda jadikan referensi terbaik adalah Sprinthink by Telkom.

Like it? Share it!

Get In Touch!

Ingin konsultasi seputra pengembangan inovasi di perusahaan Anda? Jangan ragu hubungi kami, konsultasi gratis.

    Inilah Dampak Aturan Baru Dihapusnya Test Antigen/PCR Untuk Perjalanan Domestik Pada Bisnis

    Seperti kita ketahui bersama bahwa sekarang untuk melakukan perjalanan domestik baik itu melalui jalur darat, laut atau udara, tidak diharuskan melakukan tes antigen/PCR. Perubahan peraturan ini sendiri sudah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan ditetapkannya Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan Cocid-19 nomor 11 tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang

    By admin
    Baca Selengkapnya

    LevelUp Meetup 8 Maksimalkan Media Sosial-mu dengan Copywriting!

    Baca Juga:  Ini Dia 10 Top Skill Tahun 2022

    By admin
    Baca Selengkapnya

    Ini Dia 10 Top Skill Tahun 2022

    Perubahan pada waktu dan zaman memang tak bisa kita hindari. Dari sinilah kemudian banyak hal yang perlu kita tinjau untuk membuat bisnis atau perusahaan tetap berkelanjutan di setiap waktu. Salah satu perubahan yang perlu kita identifikasi yakni skill karyawan. Identifikasi skill di era evolusi memang penting karena di sini perusahaan bisa mendapatkan keuntungan ketika memperkerjakan

    By admin
    Baca Selengkapnya