Ini Dia 10 Top Skill Tahun 2022

profil
By admin
Preparing Your Teams to Return to Work: 6 Things to Keep In Mind | Omada  Search

Perubahan pada waktu dan zaman memang tak bisa kita hindari. Dari sinilah kemudian banyak hal yang perlu kita tinjau untuk membuat bisnis atau perusahaan tetap berkelanjutan di setiap waktu. Salah satu perubahan yang perlu kita identifikasi yakni skill karyawan. Identifikasi skill di era evolusi memang penting karena di sini perusahaan bisa mendapatkan keuntungan ketika memperkerjakan karyawan dengan keahlian yang tepat. Nah berikut ini ada sepuluh top skill tahun 2022 yang dibutuhkan perusahaan di era revolusi industri 5.0.

  1. Data Science

Pertama, top skill tahun 2022 adalah data science. Begitu pentingnya skill ini bahkan membuat ahli matematika Inggris dan pakar pemasaran, Tesco Clive Humby menyebut data science sebagai minyak baru. Ungkapan ini memang tidak berlebihan jika kemudian kita melihat Google, Facebook, dan Amazon menjadi perusahaan yang begitu besar. Beberapa perusahaan tersebut memang memiliki data yang besar serta pekerja dengan kemampuan menganalisis dan menafsirkan data yang kuat.

Tidak hanya di sektor startup, namun kebutuhan akan pekeja data science ini juga hampir diminati semua lini atau bidang bisnis seperti perawatan kesehatan, keuangan, logistik, dan e-commerce. Tugas dari seorang data science sendiri mengumpulkan, mengevaluasi, dan memproses data dari perusahaan atau departemen Anda untuk mendapatkan instruksi tindakan. Dari apa yang dikerjakan seorang data science, mereka bisa memecahkan berbagai masalah dunia bisnis saat ini hingga menumbuhkan nilai tambah yang nyata bagi perusahaan Anda.

  1. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sekarang memang sedang menjadi buah bibir masyarakat dunia. Jika data science adalah minyak baru maka AI disebut oleh ilmuwan komputer Dr. Andrew Ng sebagai listrik baru. Hubungan antara data dan AI ini memang cukup erat karena pertumbuhan keduanya saling berkaitan. Ai sendiri bahkan telah menjadi solusi dalam pemecahan masalah bagi perusahaan-perusahaan besar seperti Amazon. Bagi Amazon, artificial intelligence sangat penting untuk banyak keperluan seperti memperkirakan jumlah produk yang dibutuhkan, mengurangi biaya penyimpanan dan lain sebagainya. Bidang lain yang bisa dikerjakan oleh AI adalah perangkat lunak pengenalan wajah, mobil self-driving, serta robot bedah. Dari sini maka beberapa bidang aplikasi baru sangat mungkin akan terus bermunculan hingga menciptakan nilai ekonomi yang besar. Untuk menjadi profesional AI ini dibutuhkan dasar yang kuat dalam desain perangkat lunak, statistik, pemrograman, serta teknik.

  1. Desainer UX

Top skill berikutnya di tahun 2022 adalah desainer UX. Dengan semakin menjamunya situs website dan aplikasi, membuat permintaan pada skill desain UX terus meningkat. Desain UX sendiri merupakan skill untuk merancang website, aplikasi serta produk dan layanan digital yang user friendly hingga bisa digunakan dengan mudah dan nyaman. 

Tugas utama seorang desainer UX ini yaitu meriset perilaku pengguna dan bagaimana mereka berinteraksi dengan produk digital. Setelah riset dilakukan, para desainer UX ini akan merancang prototipe interaktif dan mengujinya dengan pengguna potensial. Fase pengujian tersebut akan membantu pada desainer UX melakukan identifikasi pengalaman terbaik yang dapat mereka berikan kepada pengguna. Beberapa kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang desainer UX yaitu:

  1. Penelitian Pengguna
  2. Pembuatan Prototipe
  3. Arsitektur Informasi

Untuk menjadi seorang desainer UX yang baik, seseorang harus bisa menempatkan dirinya pada posisi pengguna produk guna memahami masalah serta mendapatkan solusi dari masalah yang muncul. 

  1. Pengembang Web

Seorang pengembang web atau web developer juga merupakan profesi dan skill yang paling banyak dicari di tahun 2022. Fakta bahwa pemasaran online begitu meningkat, membuat banyak perusahaan mau tak mau harus beralih ke ranah digital. Seorang web developer akan melakukan tugasnya untuk merancang dan mengembangkan solusi perangkat lunak berbasis web, alias aplikasi web. Tugas lain yang dikerjakan web developer adalah mengurus pengembangan lebih lanjut, pemeliharaan, dan optimalisasi berkelanjutan dari aplikasi web yang ada. Secara detailnya, kerja dari web developer ini meliputi pengembangan front-end dan back-end, yang artinya bertanggungjawab di sisi klien atau server. Kamu yang ingin menjadi web developer tentu harus menguasai beberapa bahasa pemrograman seperti Python, JavaScript, dan HTML serta pengetahuan tentang desain responsif dan SEO.

  1. Cloud Computing 

Cloud computing merupakan metode jaringan server jarak jauh yang kini juga banyak dibutuhkan oleh beberapa perusahaan untuk memudahkan pekerjaan. Contoh cloud computing adalah Google Drive, Dropbox, atau iCloud. Layanan cloud computing sendiri terbagi tiga yaitu perangkat lunak sebagai layanan (SaaS), platform sebagai layanan (PaaS), dan infrastruktur sebagai layanan (IaaS). Seorang yang memiliki kemampuan cloud computing yang baik disebut Cloud Engineers. Dalam aktivitasnya, cloud engineers memiliki tugas atas semua tugas teknis seperti menyusun dan mendesain antarmuka pengguna. Selain itu mereka juga bertanggung jawab atas perencanaan, pengelolaan, dan pemeliharaan infrastruktur cloud. Untuk menjadi cloud engineers, seseorang perlu menguasai beberapa skill ini yaitu layanan Web & API, keamanan TI & Data serta migrasi data.

  1. Pemrograman Blockchain

Di kala maraknya mata uang digital (cryptocurrency seperti bitcoin), blockchain memang semakin banyak dikenal. Sebagai sebuah sistem yang terdesentralisasi, blockchain akan berfungsi sebagai data base yang akan menyimpan informasi dengan aman dan tanpa bisa diubah. Karena tingkat privasi yang tinggi, blockchain menjadi teknologi yang sangat menarik untuk menemukan kasus penggunaan berbeda dalam industri yang berhubungan dengan data sensitif seperti kesehatan, keuangan, dan pemerintahan. Beberapa skill yang harus dimiliki seorang blockchain programming adalah pengetahuan mendalam tentang struktur data, kriptografi, serta kontrak pintar, serta blockchain itu sendiri.

  1. Komunikasi dan Kolaborasi Jarak Jauh

Bekerja jarak jah secara remote kini memang semakin banyak diterapkan oleh beberapa perusahaan. Pandemi covid-19 membuat cara kerja seperti ini menjadi pilihan yang mau tak mau harus dijalankan. Namun untuk menjalankan kerja jarak jauh dengan baik, tentu tidak semua karyawan bisa melakukannya. Hanya mereka yang memiliki keterampilan atau skill khusus seperti komunikasi dan kolaborasi jarak jauh yang dapat menjalankannya dengan baik. Selain komunikasi dan kolaborasi tim, untuk melakukan kerja jarak jauh ini seorang karyawan perlu menguasai platform seperti Slack, Microsoft Teams, Google Meet. Dengan platform tersebut seorang karyawan bisa mengatur pertemuan rutin (jour fixe) di mana semua anggota tim dapat saling berkomunikasi mengenai status proyek saat ini.

  1. Data dan IT Security

Semakin maraknya kasus kejahatan siber, membuat setiap bisnis dan perusahaan yang menjalankan pemasaran online harus berhati-hati. Dari sinilah kemudian keamanan IT menjadi sesuatu yang sangat penting di era internet dan teknologi. Beberapa kejahatan siber yang harus diantisipasi oleh seorang IT security adalah malware, phishing dan serangan IoT. Selain memahami berbagai ancaman kejahatan siber, profesi ini juga membutuhkan pemahaman cara mencegah serangan dunia maya. Salah satu hal yang perlu diamankan atau dilindungi dari ancaman kejahatan siber adalah data.

  1. Manajemen Stres

Bekerja dengan beban yang tinggi memang bisa memicu stres atau penyakit mental. Ketika banyak karyawan mengalami hal ini tentu perusahaan akan mengalami kerugian. Salah satu penyebab munculnya masalah kesehatan mental adalah kelelahan yang dikarenakan stres yang berlebihan. Dari sinilah kemudian karyawan dengan skill manajemen stress akan banyak dibutuhkan perusahaan. Dengan menjalankan manajemen stress, para pekerja bisa meningkatkan ketahanan mereka terutama dalam kemampuannya mengatasi stres.

  1. Manajemen Inovasi

Terakhir, top skill di tahun 2022 adalah manajemen inovasi. Digitalisasi yang sedang terjadi sekarang memang membuat banyak perubahan yang terjadi dengan cepat. Dari sinilah maka kemampuan sebuah bisnis atau perusahaan dalam beradaptasi dengan perubahan, akan sangat menentukan keberlanjutan atau eksistensinya. Untuk bisa selalu beradaptasi dengan zaman, sebuah bisnis membutuhkan manajemen inovasi yang tepat. Jika Anda mampu membuat inovasi yang tepat maka perusahaan akan punya peluang untuk meraih pasar yang lebih luas. Beberapa teknik yang bisa dilakukan dalam kaitannya dengan manajemen inovasi ini adalah Design Thinking dan Lean Startup.

Itulah beberapa top skill yang banyak dibutuhkan perusahaan di tahun 2022. Tentu saja top skill di atas sudah melalui riset yang dikaitkan dengan kebutuhan digital talent saat ini. Dari sini maka kamu yang ingin menjadi pekerja yang dicari perusahaan, perlu untuk meningkatkan skill terutama kemampuan di ranah digital.

Pilihan terbaik bagi karyawan dan perusahaan yang ingin terus meraih tujuan dan targetnya adalah Sprinthink. Sebagai Corporate Innovation Companion, Sprinthink menawarkan berbagai pelatihan berupa metode untuk mengembangkan ide inovasi dan pemecahan masalah yang tentuya dapat meningkatkan skill karyawan menjadi digital ready talent bagi bisnis dan perusahaan Anda. Kontak kami dengan mengisi form yang ada di halaman home website dan konsultasikan kondisi inovasi diperusahaanmu, GRATIS!

Like it? Share it!

Get In Touch!

Ingin konsultasi seputra pengembangan inovasi di perusahaan Anda? Jangan ragu hubungi kami, konsultasi gratis.

    5 Hasil Inovasi Pada Saat Pandemi Covid

    Pandemi Covid-19 memang telah banyak mengubah wajah dunia, termasuk Indonesia. Pandemi yang membuat perekonomian bergerak sangat lambat, membuat pebinsis berpikir keras untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Maklum di masa pandemi, tidak sedikit bisnis yang terpaksa harus gulung tikar karena minimnya pemasukan sehingga tidak bisa menutup biaya operasional. Saat pandemi, pergerakan atau mobilitas masyarakat memang sangat terbatas

    By admin
    Baca Selengkapnya

    Inilah Dampak Aturan Baru Dihapusnya Test Antigen/PCR Untuk Perjalanan Domestik Pada Bisnis

    Seperti kita ketahui bersama bahwa sekarang untuk melakukan perjalanan domestik baik itu melalui jalur darat, laut atau udara, tidak diharuskan melakukan tes antigen/PCR. Perubahan peraturan ini sendiri sudah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan ditetapkannya Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan Cocid-19 nomor 11 tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang

    By admin
    Baca Selengkapnya

    LevelUp Meetup 8 Maksimalkan Media Sosial-mu dengan Copywriting!

    Baca Juga:  8 Kriteria Perusahaan Inovatif yang Wajib Ditiru

    By admin
    Baca Selengkapnya