Ingin Menjadi Pemimpin Ideal? Kenali 10 Karakter Pemimpin Berikut

profil
By admin
karakter pemimpin

Setiap pemimpin memiliki tanggung jawab yang besar. Seseorang yang dipilih sebagai pemimpin akan mengarahkan bawahannya dan harus bisa menangani menangani suatu kondisi yang sulit. Oleh karenanya, diperlukan karakter pemimpin yang kuat untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Setidaknya ada 10 karakter pemimpin yang harus dimiliki agar Anda dapat menjadi pemimpin yang ideal. Apa saja karakter tersebut? Berikut penjelasannya secara lengkap.

10 Karakter Pemimpin Ideal yang Harus Dipelajari

pemimpin yang ideal

1. Berpendirian Teguh

Berpendirian teguh merupakan karakter yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin tidak boleh mudah terpengaruh oleh intervensi orang lain.

Setiap organisasi, perusahaan, atau institusi yang baik pastilah memiliki visi dan misi. Ini yang akan menjadi pedoman sekaligus tujuan seorang pemimpin. Jika pemimpin tidak memiliki pendirian yang teguh maka organisasi tersebut akan terombang-ambing dan tidak dapa mencapai tujuannya.

2. Bersikap Jujur

Kejujuran adalah sikap utama yang harus dimiliki setiap orang terlebih jika Anda adalah seorang pemimpin. Sekali tidak jujur, maka pemimpin akan sulit mendapatkan kepercayaan baik dari pihak internal maupun pihak eksternal.

Sikap jujur juga akan menciptakan iklim organisasi atau perusahaan yang sehat. Semua akan berjalan secara terbuka sehingga trust akan terbangun kuat. Setiap anggota pun akan semakin solid, dan tujuan yang dicita-citakan bersama akan mudah digapai.

3. Berperilaku Adil

Satu orang memegang kendali banyak orang. Mungkin tidak hanya satu atau dua orang, tapi bisa hingga ribuan atau jutaan anggota yang harus diperhatikan oleh pemimpin. Oleh karenanya, sikap adil sangatlah dibutuhkan dalam kepemimpinan.

Memiliki sikap yang adil akan membuat setiap pihak terutama bawahan menjadi lebih dihargai. Anda tidak perlu menuntut loyalitas jika adil sudah Anda lakukan. Bawahan secara otomatis akan memberikan yang terbaik pada apa yang diinginkan pimpinan karena kebutuhan mereka atas keadilan terpenuhi.

Dengan karakter adil, Anda juga akan memahami kapabilitas setiap bawahan dan mampu memberikan tanggung jawab yang sesuai. Bawahan pun tidak akan merasa terbebani dengan hal itu.

4. Memiliki Tingkat Kecerdasan yang Tinggi

Adalah wajib bagi setiap pemimpin untuk memiliki pengetahuan yang luas. Pengetahuan ini tidak hanya penting untuk menjalan roda aktivitas organisasi atau perusahaan tapi juga untuk disalurkan pada anggota atau bawahan.

Redistribusi pengetahuan menjadi pondasi tumbuh kembangnya inovasi bersama. Untuk itu, pemimpin juga harus terus belajar, menambah wawasan, dan tidak puas dengan pengetahuan yang terbatas.
Semakin bertambahnya masalah, seiring dengan itu kecerdasan harus ditingkatkan secara terus menerus oleh seorang pemimpin.

5. Bersikap Tenang Dalam Kondisi Genting

Perjalanan sebuah organisasi tidak akan terus bergerak mulus. Kendala dan tantangan akan terus berkembangan seiring dengan kemajuan zaman dan kerasnya persaingan.

Pada titik tertentu, mungkin Anda berada di titik terbawah dan dihadapkan dengan berbagai keputusan sulit. Langkah pertama yang harus dillakukan seorang pemimpin adalah menghirup nafas dalam-dalam dan bersikap tenang.

Rasa panik justru akan menjadikan seseorang jatuh pada keputusan buruk. Terlebih jika Anda adalah seorang pemimpin, keputusan tersebut akan berpengaruh besar tidak hanya pada diri Anda tapi juga pada keberlangsungan organisasi perusahaan yang sedang Anda pimpin.

Oleh karenanya, mulailah belajar untuk bersikap tenang dalam kondisi gawat sekalipun. Jangan ragu untuk mengambil jeda agar pikiran menjadi rileks sehingga bisa mengambil keputusan yang terbaik untuk kemajuan bersama.

6. Komunikasi Yang Baik

Iklim organisasi perusahaan yang baik dibangun dengan komunikasi yang baik. Baik itu antar pimpinan, antar anggota karyawan, maupun antara pimpinan dan bawahan.

Komunikasi yang baik tidak hanya menciptakan keharmonisan tapi juga lebih berpotensi tersampainya pesan secara baik dan benar. Mungkin karyawan atau anggota Anda kesulitan memahami maksud yang Anda ingin sampaikan. Anda cukup menjelaskannya sebaik mungkin. Kedepankan logika, dan pikirkan baik-baik apakah emosi justru akan menolong.

Berkomunikasi dengan baik akan sangat mempengaruhi kinerja karyawan dalam setiap menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya.

Sebagai pemimpin, tentu Anda tidak ingin terjadi masalah internal berlarut-larut. Di satu sisi, organisasi harus terus maju untuk mencapai tujuan. Jangan buang energi percuma hanya untuk melampiaskan emosi. Tetaplah komunikasikan semuanya secara baik.

7. Bertanggung Jawab

Memiliki jiwa tanggung jawab yang tinggi adalah mutlak bagi setiap pemimpin. Anda tentu tidak sekadar hanya diberikan hak terbaik dengan posisi yang mapan dan fasilitas-fasilitas lainnya yang lebih baik dari bawahan atau anggota.

Seiring dengan itu, tanggung jawab Anda menjadi lebih berat dibandingkan mereka yang di bawah Anda secara struktural. Oleh karenanya, menyadari risiko-risiko yang terjadi menjadi penting agar Anda terhindar dari tanggung jawab menanggung risiko yang lebih besar.

8. Inspiratif

Setiap orang diamanatkan menjadi pemimpin tentunya bukan orang dengan kapasitas biasa-biasa saja. Anda memiliki banyak kelebihan yang menjadikan Anda berhak berdiri sebagai pemimpin. Energi positif, kemampuan, dan semangat yang Anda miliki mungkin akan mampu menginspirasi orang lain termasuk mereka yang Anda pimpin.

Jadilah inspiratif, tularkan energi positif dan terus motivasi anggota Anda agar semakin giat untuk bekerjasama dengan Anda. Dengan begitu, Anda mungkin tidak perlu terlalu banyak memerintah. Secara tidak langsung mereka akan meniru cara berpikir Anda. Ini sangat baik untuk kemajuan bersama di mana semua pihak bergerak secara simultan guna mencapai cita-cita yang diinginkan.

9. Percaya Diri

Jika Anda ragu dengan beban tanggung jawab sebagai pemimpin yang sedang Anda emban, segeralah berbenah. Pastikan Anda telah menjadi orang yang memiliki kepercayaan diri yang baik. Jika orang lain percaya pada Anda, kenapa Anda sendiri tidak?

Kepercayaan diri sangat penting agar Anda selalu memiliki keyakinan teguh dalam memegang tanggung jawab dan mengambil keputusan. Itu bukan berarti Anda adalah orang yang keras kepala. Setiap keputusan tentu saja harus dipikirkan secara matang bahkan Anda sangat boleh untuk memusyawarahkannya dengan para partner yang kompeten.

Menerima pendapat bukan berarti Anda ragu akan keputusan Anda. Ini justru adalah langkah yang tepat untuk menghasilkan keputusan terbaik. Artinya, Anda juga cukup percaya diri untuk menjadi diri sendiri.

10. Empati

Organisasi perusahaan tidak Anda jalankan sendirian. Semua bergerak dan tumbuh sesuai tugas wewenangnya masing-masing. Untuk memastikan terciptakan kondisi yang kondusif tersebut diperlukan empati dari seorang pemimpin.

Pemimpin harus rajin memperhatikan bawahannya. Apa yang mereka butuhkan? Fasilitas apa yang dapat memudahkan mereka? Semua bisa Anda ketahui dimulai dengan memiliki rasa empati pada bawahan.
Meminta saran bawahan juga bukanlah hal yang memalukan. Empati akan menjadikan Anda yang pribadi yang dicintai bawahan dan itu sangat baik untuk kemajuan bersama.

Itu tadi sederet karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Mulai pahami setiap poinnya, dan praktikkan sedini mungkin. Setiap dari Anda pastilah akan menjadi pemimpin di manapun Anda berada.

Karakter-karakter ini juga dapat menjadikan Anda pribadi kompeten di segala bidang. Setiap pemimpin yang memahami betul karakter pemimpin akan lebih mudah mengemban berbagai tanggung jawab yang tentu saja tidak ringan.

Ditulis oleh Rendy Andriyanto

Like it? Share it!

Get In Touch!

Ingin konsultasi seputra pengembangan inovasi di perusahaan Anda? Jangan ragu hubungi kami, konsultasi gratis.

    4 Tipe Inovasi yang Membantu Perusahaan Anda Lebih Maju

    Tidak semua strategi dalam berinovasi memberikan output yang positif dan memberikan hasil yang baik perusahaan. Karena pada intinya, inovasi dan kreativitas digunakan untuk memecahkan masalah, yang mana masing-masing masalah punya cara yang berbeda juga untuk memecahkan masalahnya. Tapi, banyak perusahaan yang menganggap seolah-seolah hanya ada satu cara untuk berinovasi, mereka mengunci diri ke dalam satu

    By Masa
    Baca Selengkapnya

    Siapakah Inovator? Penjelasan dan 7 Karakteristik Lengkapnya

    Kita butuh seorang inovator, dan dunia juga membutuhkannya. Hal ini jugalah yang menjadi alasan adanya Hari Inovasi setiap 1 November. Mengingatkan kepada kita betapa pentingnya untuk selalu berpikir inovatif dan kreatif dalam kehidupan sehari-hari. Seorang inovator dibutuhkan untuk menemukan solusi dari setiap permasalahan serta membawa perubahan yang akhirnya membuat hidup manusia semakin mudah dan menyenangkan.

    By Masa
    Baca Selengkapnya

    5 Peran Penting Budaya Organisasi di Perusahaan

    Baik buruknya budaya organisasi perusahaan akan mempengaruhi operasional rekrutmen dan persentase retensi karyawan di dalam bisnis Anda. Hal ini terjadi karena budaya perusahaan Anda secara langsung mempengaruhi jenis kandidat yang Anda akan rekrut dan karyawan yang Anda akan pertahankan. Lebih dari itu, budaya merupakan kunci dari setiap inovasi dan kreativitas yang dikembangkan oleh setiap individu

    By Masa
    Baca Selengkapnya