Ini Dia 4 Strategi Menghadapi Vuca, Sudah Tahu?

profil
By admin
Strategi Vuca

Dalam perkembangan dunia saat ini, seorang pebisnis memang harus memiliki strategi menghadapi VUCA. Apa itu VUCA? VUCA adalah akronim dari Volatility (Kecepatan Perubahan), Uncertainty (Ketidakpastian), Complexity (Kompleksitas), Ambiguity (Ketidak-jelasan akan Realitas). Melihat apa itu VUCA, tentu hal tersebut sangat membahayakan bila dibiarkan berada dalam perusahaan. Sebab bila perusahaan ingin terus eksis dan bertumbuh, maka VUCA ini harus bisa dihilangkan. 

4 Strategi Menghadapi VUCA

VUCA ini memang harus segera diatasi agar perusahaan tidak lantas terpuruk. Tapi bagaimana cara untuk menghadapi dan menyingkirkan VUCA ini? Berikut beberapa cara dan strategiyang bisa dilakukan.

Agile Learning

Pertama, strategi menghadapi VUCA yang bisa Anda lakukan yaitu dengan belajar terus-menerus secara tangkas (Agile Learning). Dalam dunia bisnis yang dinamis dan serba tidak pasti, membuat pemilik usaha memang harus selalu banyak belajar hal baru meskipun itu bukan bidangnya. Jangan pernah merasa pintar hingga tak mau lagi belajar. Pastikan untuk selalu menanamkan rasa ingin tahu mempelajari sesuatu agar Anda terus bisa memenuhi tuntutan kebutuhan zaman.

Adeptness to Ambiguity

Perubahan yang terjadi memang menuntut orang untuk bisa segera menyesuaikan atau beradaptasi dengan keadaan yang ada. Nah untuk menghadapi VUCA tersebut, pebisnis juga dituntut untuk bisa beradaptasi pada ketidakpastian yang ada (Adeptness to Ambiguity). Untuk bisa beradaptasi pada setiap situasi, Anda membutuhkan pemikiran yang terbuka, luas dan tidak statis.

Thinking Strategically

Berikutnya, strategi menghadapi VUCA adalah thinking strategically atau kemampuan berpikir strategis. Kemampuan berpikir strategis ini sendiri meliputi berpikir panjang dari yang diharapkan serta mampu mengerjakan hal sulit sekalipun meski tanpa ada informasi yang tidak lengkap.

Drive to Execute

Terakhir, untuk hadapi VUCA Anda perlu mendorong eksekusi (drive to Execute). Maksudnya di sini adalah Anda sebagai pebisnis harus berani mengambil setiap risiko yang telah diperhitungkan tentunya. Pengambilan risiko ini sendiri harus dilakukan dengan cepat dan tegas. Tidak hanya itu, Anda juga harus menjadi seorang pemimpin yang mampu mempengaruhi dan mendorong orang lain dalam hal ini tim di perusahaan, untuk juga bisa bersama-sama menyelesaikan segala permasalahan dan tantangan. 

strategi menghadapi vuca
Sumber : https://ethicalboardroom.com

Design Thinking Solusi untuk Hadapi VUCA dengan Cepat

Jaman yang cepat mengalami perubahan memang perlu dihadapi dengan sigap oleh setiap pemimpin perusahaan. Ditambah lagi dengan adanya persaingan bisnis yang semakin sengit membuat keadaan ini tentu mau tak mau memaksa para pengusaha untuk merespon segala sesuatunya dengan cepat. Kecepatan di jaman revolusi industri 4.0 memang dibutuhkan untuk bisa memenangkan persaingan dan menjadi yang terdepan.

Untuk kebutuhan strategi menghadapi VUCA dengan cepat tersebut, maka Anda bisa menggunakan design thinking. Sesuai dengan namanya, design thinking yang dipopulerkan oleh David Kelley dan Tim Brown ini memang akan menghadirkan solusi yang tepat. Ini karena solusi yang dihadirkan oleh design thinking ini didasarkan dan difokuskan pada kebutuhan pengguna atau user.

Layanan Design Thinking Terbaik untuk Hadapi VUCA

Agar Anda mendapatkan sebuah hasil yang maksimal dari metode design thinking, maka pastikan memilih jasa terbaik dan dapat diandalkan. Saat ini pihak yang menawarkan layanan training design thinking ini memang banyak. Maka dari itu Anda harus selektif dalam memilih yang tepat dan dapat diandalkan. Salah satu referensi untuk Anda dapatkan jasa design thinking terbaik bisa dimulai dari sini. Dengan berbagai pelatihan berbasis design thinking yang dihadirkan, Sprinthink dapat membantu Anda menciptakan strategi menghadapi VUCA yang efektif dan optimal.

Ditulis oleh Asep Irwan

Like it? Share it!

Get In Touch!

Ingin konsultasi seputra pengembangan inovasi di perusahaan Anda? Jangan ragu hubungi kami, konsultasi gratis.

    4 Tipe Inovasi yang Membantu Perusahaan Anda Lebih Maju

    Tidak semua strategi dalam berinovasi memberikan output yang positif dan memberikan hasil yang baik perusahaan. Karena pada intinya, inovasi dan kreativitas digunakan untuk memecahkan masalah, yang mana masing-masing masalah punya cara yang berbeda juga untuk memecahkan masalahnya. Tapi, banyak perusahaan yang menganggap seolah-seolah hanya ada satu cara untuk berinovasi, mereka mengunci diri ke dalam satu

    By Masa
    Baca Selengkapnya

    Siapakah Inovator? Penjelasan dan 7 Karakteristik Lengkapnya

    Kita butuh seorang inovator, dan dunia juga membutuhkannya. Hal ini jugalah yang menjadi alasan adanya Hari Inovasi setiap 1 November. Mengingatkan kepada kita betapa pentingnya untuk selalu berpikir inovatif dan kreatif dalam kehidupan sehari-hari. Seorang inovator dibutuhkan untuk menemukan solusi dari setiap permasalahan serta membawa perubahan yang akhirnya membuat hidup manusia semakin mudah dan menyenangkan.

    By Masa
    Baca Selengkapnya

    5 Peran Penting Budaya Organisasi di Perusahaan

    Baik buruknya budaya organisasi perusahaan akan mempengaruhi operasional rekrutmen dan persentase retensi karyawan di dalam bisnis Anda. Hal ini terjadi karena budaya perusahaan Anda secara langsung mempengaruhi jenis kandidat yang Anda akan rekrut dan karyawan yang Anda akan pertahankan. Lebih dari itu, budaya merupakan kunci dari setiap inovasi dan kreativitas yang dikembangkan oleh setiap individu

    By Masa
    Baca Selengkapnya