Apa Itu VUCA dan Dampaknya Bagi Perusahaan ?

profil
By admin
Dampak Vuca

Bukan rahasia lagi kalau iklim bisnis di Indonesia sudah berubah dan menjadi lebih sulit diprediksi. Ada ketidakjelasan dan ketidakpastian terkait situasi bisnis yang secara umum terwakili dalam VUCA. Tapi apa itu VUCA dan apa dampaknya?

Memahami konsep VUCA diperlukan, terlebih saat perusahaan dihadapkan pada situasi seperti saat ini, di mana perusahaan dituntut untuk terus membuat inovasi bisnis, mengelola risiko, mengejar perubahan, dan memecahkan masalah. Banyak organisasi kemudian berjuang untuk tetap sejalan dengan perubahan, dan ini terangkum dalam VUCA.

Ada banyak faktor kenapa lingkungan VUCA terjadi, seperti globalisasi, tantangan ekonomi, termasuk iklim bisnis yang terus berubah dinamis. Sangat penting memahami apa itu VUCA, karena dampaknya bisa langsung terasa ke berbagai lini perusahaan.

Apa Itu VUCA?

apa itu vuca
Sumber : https://www.forbes.com

Militer Amerika mulai memakai istilah VUCA di akhir 1990 guna menggambarkan situasi ancaman yang berubah tiap waktu. Ancaman tersebut kemudian diterjemahkan dalam empat kata berupa volatile, uncertain, complex, dan ambiguous. Pendek kata, VUCA.

Empat kata tersebut kemudian diadopsi dalam dunia bisnis tapi dengan jenis ancaman berbeda. Dunia bisnis juga mengalami ancaman kurang lebih sama, yang mana dipenuhi dengan lingkungan tidak pasti. Jika ingin bisnis bertahan dalam lingkungan, perusahaan perlu mengembangkan pemimpin baru.

Saat perubahan sudah tak bisa dihindari lagi, pemimpin harus belajar mempersiapkan berbagai skenario, mengelolanya, dan menggunakan pengalaman masa lalu sebagai acuan pengambilan keputusan. Meski demikian, pengalaman ini tak membantu banyak dalam dunia VUCA.

Perusahaan di Indonesia umumnya mengalami masalah yang sama terkait kepemimpinan, yang mana belum banyak pemimpin yang memenuhi kualifikasi untuk memimpin perusahaan. Solusi yang diambil cukup praktis, yaitu mendatangkan invididu dari luar guna memimpin perusahaan lokal.

Padahal dengan memahai VUCA sebagai panduan dasar, talenta lokal sebenarnya bisa bersaing dengan sumber daya. Lebih jauh, konsep VUCA bahkan dimanfaatkan untuk melatih sikap kepemimpinan sehingga perusahaan mampu bertahan dengan lingkungan bisnis yang ekstrim.

VUCA di Indonesia

apa itu vuca
Sumber : http://samaskaara.in

Terdapat empat elemen yang menantang dalam VUCA yang dapat berimbas langsung pada eksistensi perusahaan di tanah air. Dampaknya bisa menyentuh langsung ke berbagai sektor industri, jadi sudah sewajarnya jika pemimpin perusahaan mulai memperhatikan VUCA.

Volatile dan Uncertain

Aspek ini lebih sering dikaitkan dengan nilai tukar rupiah dengan mata uang asing. Volatile, atau volatilitas dalam padanan katanya, sering dikaitkan dengan situasi yang berubah-ubah atau tidak tepat. Situasi yang demikian bisa menciptakan ketidakpastian di lingkungan bisnis.

Investor jelas enggan menanam modal lebih banyak jika situasi terus berubah. Kondisi seperti ini muncul bukan karena faktor tunggal, tapi ada banyak faktor yang saling terkait. Tapi di antara faktor paling berpengaruh yaitu rasio nilai tukar dan kebijakan pemerintah.

Lingkungan market yang terus berubah, misalnya dari musim liburan, puasa, dan lebaran yang hanya berjarak bulanan, memberi kesulitan karena menghadirkan ketidakpastian bisnis dalam jangka panjang. 

Bulan lalu industri travel menggeliat, bulan ini industri makanan naik daun, dan bulan depan industri fesyen menyusul, meski di satu sisi tetap menyajikan peluang tersendiri.

Tak ada yang mau berbisnis jika ternyata iklimnya tidak mendukung, dan tak ada transaksi keluar masuk jika nilai tukar rupiah ternyata tidak menguntungkan. Semisal tak ingin terjebak pada situasi tersebut, tersebut harus bisa memeikirkan langkah antisipasi lebih dulu.

Complex dan Ambiguous

Indonesia, dengan segala kekurangannya, tetaplah negara besar dengan sumber daya melimpah, baik alamnya dan manusianya. Tapi kebesaran Indonesia tak diimbangi dengan manajemen sumber daya yang baik sehingga menciptakan iklim yang kurang seimbang.

Terlalu banyak hal yang kompleks di Indonesia. Ambil contoh bagaimana cara mencari izin usaha yang harus menempuh rute berbelit dengan durasi yang jelas. Bahkan antar regulator sendiri ada semacam kebingungan sehingga saling lempar tanggung jawab.

Imbas terbesar tentu pada perusahaan karena tak kunjung mendapat kejelasan status, yang akhirnya berdampak buruk pada agenda bisnis secara keseluruhan. Meski kondisi eksternal yang kompleks agak sulit diurai, tapi pemimpin harus bisa mengambil inisiatif dengan mengacu VUCA.

Memahami apa itu VUCA bisa memberi modal tersendiri untuk pimpinan perusahaan di Indonesia dalam mengambil sikap terkait situasi bisnis yang ada. Dengan mencermati tiap tantangan yang ada dalam VUCA, bisnis memiliki peluang besar tetap stabil di berbagai kondisi ekstrim.

Ditulis oleh Ria A W

Like it? Share it!

Get In Touch!

Ingin konsultasi seputra pengembangan inovasi di perusahaan Anda? Jangan ragu hubungi kami, konsultasi gratis.

    8 Kriteria Perusahaan Inovatif yang Wajib Ditiru

    Inovasi tidak datang dengan sendirinya ke dalam sebuah perusahaan. Membutuhkan perusahaan yang secara aktif mengembangkannya dalam ribuan cara, mulai dari mempekerjakan anggota tim baru hingga meluangkan waktu untuk bereksperimen pada ide-ide segar. Namun, ada beberapa kriteria perusahaan inovatif yang dapat kita kenali dan kita tiru untuk menjadikan perusahaan Anda sendiri lebih mudah berkembang dan mendapatkan

    By admin
    Baca Selengkapnya

    10 Cara Meningkatkan Produktivitas Manajemen Perusahaan di 2022

    Sejak pandemi COVID-19 melanda, banyak hal yang berubah dalam kehidupan, termasuk dalam dunia kerja. Meski bekerja secara remote bukan konsep baru, tapi di era New Normal, banyak perusahaan yang menerapkan Work From Home alias bekerja online dari rumah. Bahkan, tak sedikit perusahaan yang menerapkan  sistem kerja hybrid bagi karyawan, kadang datang ke kantor, dan selebihnya

    By admin
    Baca Selengkapnya

    7 Cara Meningkatkan Kemampuan Leadership Terbaik

    Tahukah Anda bahwa 79% karyawan akan meninggalkan pekerjaannya jika mereka tidak merasa dihargai oleh mereka yang memegang peran kepemimpinan? Seperti kata pepatah, orang berhenti karena bos, bukan perusahaan. Inilah sebabnya penting bagi manajer untuk terus-menerus melihat bagaimana meningkatkan kemampuan leadership mereka. Tidak hanya itu akan meningkatkan omset, tetapi tim Anda akan lebih produktif, efisien dan

    By admin
    Baca Selengkapnya