Memahami Cara Kerja Design Thinking

profil
By admin
Cara Kerja Design Thinking

Di jaman yang banyak berubah seperti sekarang ini, memahami cara kerja design thinking akan sangat berguna bagi Anda. Apa itu design thinking? Design thinking sendiri adalah formula atau metode yang dipopulerkan oleh David Kelley dan Tim Brown, pendiri IDEO, untuk penyelesaian masalah yang berfokus pada pengguna atau user. Kebutuhan akan desain thinking saat ini memang akan membuat banyak kemudahan untuk Anda dan perusahaan. Ini karena proses desain sebagai sebuah solusi sekarang ini bukan hanya berdasar pada membuat bentuk produk yang indah dan menarik. Tapi proses desain saat ini membuat Anda harus mengakomodasi sesuatu yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pasar atau pengguna.

Element Design Thinking

Sebagai metode baru dalam penyelesaian masalah melalui proses desain, design thinking memiliki beberapa elemen atau unsur penting. Elemen atau unsur penting ini perlu kita ketahui terlebih dahulu agar kita bisa mengerti cara kerja design thinking secara lebih jelas dan komprehensif. Beberapa element design thinking tersebut yaitu :

  • People centered, merupakan elemen desain thinking yang menekankan pada setiap tindakan yang harus berfokus pada apa dibutuhkan dan diinginkan user.
  • Highly creative, elemen yang mengharuskan seseorang berkreativitas sebebas-bebasnya dalam mengimplementasikan design thinking.
  • Hands on, elemen desain yang tidak hanya sekedar membuat teori di atas kertas tapi juga membutuhkan percobaan langsung oleh tim desain.
  • Iterative, yaitu elemen desain thinking dalam wujud improvisasi dengan proses serta tahapan yang berulang-ulang agar tercipta produk atau solusi yang baik.

Beberapa elemen di atas memang perlu dipahami dengan seksama agar Anda bisa menerapkan cara kerja design thinking yang benar. Sekali lagi karena saat ini proses desain sudah banyak berubah, maka dengan elemen design thinking ini Anda akan bisa menggabungkan teknologi serta kebutuhan user atau pengguna sehingga solusi pun akan tercipta dengan lebih baik.

Tahapan dan Cara Kerja Design Thinking

cara kerja design thinking
Sumber : https://www.corpohub.com

Setelah Anda memahami elemen design thinking dengan baik maka saatnya untuk mengetahui tahapan dan cara kerja design thinking.

  • Empathize

Pertama, tahapan design thinking adalah mengetahui dan memahami emosi, pengalaman dan situasi dari user. Agar benar-benar memahami kebutuhan pengguna, maka Anda harus menempatkan diri sebagai pengguna atau user. Cobalah melakukan interview atau wawancara, observasi kehidupan pengguna dan hal lain yang bisa membuat Anda benar-benar bisa menempatkan diri pada posisi pengguna.

  • Define

Berikutnya, setelah memahami user dan kebutuhannya, Anda bisa membuat gagasan atau ide dengan sebuah desain. Caranya cobalah untuk membuat list kebutuhan pengguna yang telah Anda pahami tersebut dan kaitkan dengan kondisi saat ini.

  • Ideate

Selanjutnya, buatlah desain untuk solusi bersama tim desain dengan kreativitas yang dimiliki. Jangan lupa juga buatlah solusi ini berdasarkan kebutuhan user yang telah Anda ketahui tersebut.

  • Prototype

Dari ide dan solusi produk yang telah disepakati tim, cobalah untuk membuat prototipe-nya terlebihdahulu. Prototipe produk atau solusi ini nantinya akan diuji coba sebelum kemudian diciptakan dalam produk yang nyata.

  • Test

Terakhir, tahapan design thinking adalah mengujicoba prototipe produk yang ada tadi. Uji coba ini akan langsung dihadapkan pada pengguna. Nantinya dari pengguna akan ada feedback yang perlu Anda jadikan bahan perbaikan agar produk atau solusi menjadi lebih baik lagi sebelum diluncurkan.

Itulah beberapa tahapan dan cara kerja design thinking yang perlu dipahami bersama. Untuk Anda yang ingin mengetahui secara lebih jelas bagaimana design thinking ini dijalankan, bisa belajar di sini

Ditulis oleh Asep Irwan

Like it? Share it!

Sprinthink Event: Online Sharing Session “Innovation in Telkom Indonesia”

Kamis, 25 Februari 2021. Sprinthink mengadakan kegiatan eksklusif untuk peserta BUMN Digital Academy 2021 yaitu Online Sharing Session yang bertajuk “Innovation in Telkom Indonesia”. Pada kesempatan kali ini, Fauzan Feisal selaku Operation Partnership Lead Telkom Indonesia membagikan pengalamannya dalam mengembangkan inovasi di Telkom Indonesia melalui Corporate Startup Program bernama Digital Amoeba. Dalam pemaparannya, Fauzan Feisal

By admin
Baca Selengkapnya

Contoh Kasus VUCA dan Strategi Untuk Menghadapinya

VUCA akan selalu ada di lingkungan manapun, bahkan kehadirannya tak bisa dihindari. Karena bisa hadir dalam kondisi apapun, terutama bisnis, penting untuk mengetahui VUCA agar bisa memahami imbas yang mungkin muncul. Cara terbaik yaitu dengan melihat contoh kasus VUCA. VUCA terdiri empat unsur penting, yaitu volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity. Semua unsur tersebut merupakan tantangan

By admin
Baca Selengkapnya

3 Contoh VUCA di Indonesia di Berbagai Sektor Bisnis

Tidak ada satu sektor bisnis saat ini yang kebal dengan gangguan. Suatu perusahaan mungkin memiliki strategi marketing efektif, tapi untuk berapa lama? Ada banyak contoh VUCA di Indonesia yang imbasnya merugikan perusahaan, bahkan sampai tutup tirai. Sektor migas yang selama ini adem-ayem terganggu karena hadirnya energi terbarukan seperti solar cell. Sektor televisi kalah dengan platform

By admin
Baca Selengkapnya