Apa itu Metaverse? Begini Penjelasannya!

profil
By admin

Istilah metaverse seketika menjadi perbincangan hangat di dunia ketika Facebook melakukan rebranding nama perusahaannya menjadi Meta. Apa yang dilakukan Mark Zuckerberg pada bulan Oktober 2021 tersebut tentu ada maksud dan tujuannya yaitu ingin mengembangkan platform yang tidak hanya untuk media sosial, tapi juga membawa aktivitas sehari-hari ke dalam dunia virtual. 

Apa Itu Metaverse?

Lalu apa itu metaverse? Berdasarkan beberapa sumber dinyatakan bahwa metaverse adalah dunia digital yang memungkinkan pengguna dapat saling berinteraksi secara real time dengan pengguna lain dengan memakai avatar atau representasi grafis dari penggunanya. Secara singkat maka metaverse juga bisa dikatakan sebagai ruang digital yang menghadirkan banyak aktivitas yang mirip dengan pengalaman di dunia nyata. Semakin lengkap kegiatan yang ditawarkan dunia virtual maka metaverse tersebut bisa dikategorikan sebagai metaverse yang lengkap.

Asal usul kata metaverse sendiri pertama kali muncul tahun 1992 dalam novel cyberpunk ikonik milik Neal Stephenson berjudul “Snow Crash”. Dalam konsepnya, metaverse ini akan menawarkan berbagai aktivitas bagi penggunanya seperti hiburan, aktivitas jual-beli, dan berbagai aktivitas komunal lainnya. Dalam arti lain, metaverse mempunyai peran layaknya perpanjangan dari dunia nyata dan aktivitas yang biasa dialami.

Karakteristik sebuah Metaverse 

Ternyata metaverse ini tidak melingkupi semua pengalaman yang menawarkan dunia digital. Namun ada beberapa karakteristik tertentu yang membuat dunia digital kemudian dikategorikan sebagai metaverse. Berikut karakteristik dunia digital yang tergolong metaverse:

  1. Live dan real-time yaitu karakteristik metaverse dengan konsep mempunyai ‘waktunya sendiri’ yang terus berjalan seperti di dunia nyata. Dalam hal ini metaverse akan tersinkronisasi terus menerus secara live. 
  2. Berkelanjutan, artinya metaverse tidak berhenti, tidak memiliki jeda serta tidak berakhir. Metaverse memang merupakan pengalaman berkelanjutan yang bisa jadi tidak terbatas dan tidak memiliki akhir. 
  3. Aktivitas tak terbatas, maksudnya di sini metaverse menjadi ruang digital untuk berbagai macam aktivitas seperti hiburan, pekerjaan, hingga bisnis. Idealnya, aktivitas tersebut nantinya akan dibuat baik itu oleh penggunanya, bisnis, dan bahkan oleh pemerintah. 
  4. Ekonomi yang fungsional, artinya metaverse harus mampu menciptakan sistem ekonomi yang fungsional dan memiliki manfaat bagi penggunanya. 

Mengapa Aset Kripto Penting dalam Metaverse? 

Aset kripto atau cryptocurrency memang akan berkaitan erat dengan metaverse sebagai aspek ekonominya. Dengan kripto dan blockchain, akan membuat keamanan transaksi dan perlindungan data. Hal ini tentu berjalan sudah seiring dengan perkembangan model ekonomi play-to-earn dalam berbagai game berbasis Metaverse dan juga aplikasi lainnya. Pembayaran dengan menggunakan aset kripto akan mempermudah proses transaksi karena sistemnya yang terdesentralisasi dan cepat. 

Apa Itu NFT?

Lalu apa itu NFT (Non-Fungible Token) yang kini juga sedang marak karena viralnya Ghozali Everyday? Jadi NFT adalah sebuah aset digital yang berbentuk karya seni maupun barang koleksi yang bisa dipergunakan untuk membeli sesuatu secara virtual. Barang seni dalam NFT sendiri bisa berupa koleksi foto, gambar, lagu, rekaman suara, video, game, dan sebagainya. NFT juga merupakan token yang tak dapat ditukarkan yang biasanya ditemukan di blockchain.

Teknologi NFT nantinya akan memastikan otentisitas dari setiap aset yang dimiliki oleh para pengguna dunia virtual tersebut. Di sisi lainnya, perkembangan Metaverse juga diyakini dapat semakin mendorong penggunaan kripto bagi masyarakat umum. Pada 9 Desember 2021, Facebook telah membuka akses bagi pihak lain, Horizon Worlds untuk memasuki platform VR (virtual reality) sosialnya. Walau Horizon Worlds masih sangat eksperimental, langkah ini menunjukkan keseriusan Facebook untuk mengembangkan metaverse dan akan semakin mendorong popularitas metaverse dan kripto ke tengah publik. 

Apa yang Bisa Dapat Dilakukan Pada Metaverse? 

Lalu apa saja yang bisa dan dapat dilakukan pada metaverse? Tentu ada banyak bidang yang dilingkupi dan dilakukan dalam metaverse ini, antara lain:

  1. Hiburan 

Untuk sekarang ini kebanyakan metaverse yang sudah siap masih sangat bergantung pada industri game dan hiburan. Sebut saja seperti metaverse the Sandbox dan My Neighbor Alice yang merupakan game dengan pemain yang bisa mencapai ratusan orang pada waktu yang sama. Dalam industri game dan hiburan tersebut, metaverse memang akan menjadi aspek penting yang akan memberikan sentuhan sisi entertainment dengan dukungan elemen sosial yang interaktif. Selain itu, metaverse juga punya potensi besar pada industri hiburan lain seperti musik dan film. Dengan teknologi metaverse akan mampu menghadirkan hiburan baru seperti konser virtual. Tentu saja hiburan seperti ini akan mampu memberikan pengalaman yang lebih interaktif dengan penontonnya. 

  1. Bisnis 

Sebuah bisnis dan perusahaan juga dapat memanfaatkan metaverse untuk menjual dan memamerkan produk mereka dalam bentuk digital. Salah satu perusahaan besar yang telah memanfaatkan teknologi metaverse adalah Adidas. Adidas memang sudah membeli hak atas tanah di dalam the Sandbox dengan sebuah rencana ingin membuat pameran virtual dan pada akhirnya membuka toko digital. Dari sini akan muncul pengalaman virtual dari para pelanggannya untuk kemudian bisa digabungkan dengan hadiah atau produk fisik yang akan menarik lebih banyak orang. Dunia metaverse pada bidang bisnis pada dasarnya akan membuka kesempatan bagi banyak perusahaan atau industri digital untuk memanfaatkan ruang digital sebagai tempat memasarkan produk dan brand mereka. 

  1. Komunitas 

Terakhir, bidang yang bisa dilingkupi oleh metaverse adalah komunitas. Dengan teknologi metaverse, komunitas bisa berkumpul dalam ruang digital untuk membicarakan hal-hal yang disukai. Sebut saja misalnya komunitas yang menyukai Snoop Dogg, saat ini mereka dapat mengikuti acara private party di dalam Snoop Dogg estate dalam Sandbox. Dari sini maka metaverse memiliki potensi besar untuk membuka ruang sosial di ranah digital yang lebih luas dan bebas.

Beberapa Aset kripto dengan Metaverse 

Perlu diketahui bahwa ada beberapa aset kripto yang dibangun dengan tujuan menciptakan metaversenya sendiri. Tapi, proyek-proyek metaverse tersebut masih dalam tahap awal. Karena masih dalam tahap awal, maka jumlah pemain dan aktivitas yang bisa dilakukan dalam metaverse masih sangat dibatasi. Beberapa aset kripto dengan Metaverse sendiri di antaranya, Sandbox, MANA, dan ALICE.

Itulah penjelasan mengenai apa itu metaverse dan kaitannya dengan cryptocurrency yang saat ini sedang banyak diperbincangkan. Dari sini maka terlihat begitu pentingnya dunia digital di era teknologi seperti sekarang.

Karena itu Spritnhink sebagai Corporate Innovation Companion dapat membantu perusahaan Anda ke ranah digital yang lebih baik. Untuk mencapainya maka Anda membutuhkan karyawan dengan kriteria digital ready talent.

Sebagai sebuah metode atau strategi, Sprinthink dapat memberikan berbagai pelatihan dengan materi seperti Design Thinking, Lean Startup, Innovation Fundamental, dll untuk meningkatkan skill karyawan menjadi digital ready talent. Kontak kami dengan mengisi form yang ada di halaman home website dan konsultasikan kondisi inovasi diperusahaanmu, GRATIS!

Like it? Share it!

Get In Touch!

Ingin konsultasi seputra pengembangan inovasi di perusahaan Anda? Jangan ragu hubungi kami, konsultasi gratis.

    5 Hasil Inovasi Pada Saat Pandemi Covid

    Pandemi Covid-19 memang telah banyak mengubah wajah dunia, termasuk Indonesia. Pandemi yang membuat perekonomian bergerak sangat lambat, membuat pebinsis berpikir keras untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Maklum di masa pandemi, tidak sedikit bisnis yang terpaksa harus gulung tikar karena minimnya pemasukan sehingga tidak bisa menutup biaya operasional. Saat pandemi, pergerakan atau mobilitas masyarakat memang sangat terbatas

    By admin
    Baca Selengkapnya

    Inilah Dampak Aturan Baru Dihapusnya Test Antigen/PCR Untuk Perjalanan Domestik Pada Bisnis

    Seperti kita ketahui bersama bahwa sekarang untuk melakukan perjalanan domestik baik itu melalui jalur darat, laut atau udara, tidak diharuskan melakukan tes antigen/PCR. Perubahan peraturan ini sendiri sudah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan ditetapkannya Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan Cocid-19 nomor 11 tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang

    By admin
    Baca Selengkapnya

    LevelUp Meetup 8 Maksimalkan Media Sosial-mu dengan Copywriting!

    Baca Juga:  Ketahui Cara Mengelola Inovasi di Perusahaan Secara Efektif

    By admin
    Baca Selengkapnya