4 Tipe Inovasi yang Membantu Perusahaan Anda Lebih Maju

profil
By Masa
tipe-tipe inovasi

Tidak semua strategi dalam berinovasi memberikan output yang positif dan memberikan hasil yang baik perusahaan.

Karena pada intinya, inovasi dan kreativitas digunakan untuk memecahkan masalah, yang mana masing-masing masalah punya cara yang berbeda juga untuk memecahkan masalahnya.

Tapi, banyak perusahaan yang menganggap seolah-seolah hanya ada satu cara untuk berinovasi, mereka mengunci diri ke dalam satu jenis strategi dan berkata, “Beginilah cara kami berinovasi”.

Anda perlu mulai memperlakukan inovasi seperti disiplin bisnis lainnya sebagai seperangkat alat yang dirancang untuk mencapai tujuan tertentu.

Sama seperti Anda tidak akan bergantung pada satu strategi pemasaran dan satu jenis digital marketing untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak.

Dengan pemikiran di atas dan pemahaman beberapa tipe inovasi, Anda akan lebih mudah membuat roadmap yang tepat dalam berinovasi dan mampu mengidentifikasi jenis strategi yang tepat untuk memecahkan masalah.

4 Tipe Inovasi Menurut Greg Satell

Greg Satell adalah pakar transformasi dan perubahan yang aktif menjadi pembicara internasional di berbagai acara besar dan menulis beberapa buku best seller.

tipe inovasi menurut greg satell

Greg mengidentifikasi jenis strategi yang tepat untuk memecahkan masalah, dengan mengajukan dua pertanyaan: Seberapa baik kita dapat mendefinisikan masalah? dan Seberapa baik kita dapat mendefinisikan keterampilan yang diperlukan untuk menyelesaikannya?

1. Basic Research

Riset ini dilakukan untuk menemukan lebih banyak tentang bagaimana segala sesuatunya bekerja. Biasanya dilakukan di suatu instansi penelitian dan kampus.

Ada yang mengatakan bahwa riset dasar bukanlah inovasi, karena belum tentu menghasilkan produk atau layanan baru, tetapi saya tidak setuju.

Meski ada banyak orang yang mengatakan bahwa basic research bukanlah sesuatu yang inovatif, Greg Satell percaya bahwa orang-orang yang melakukan riset di instansi dan kampus seperti yang dilakukan oleh Einstein merupakan sebuah inovasi yang inovatif.

2. Sustaining Innovation

Sustaining innovation lebih umum dikerjakan di sebuah perusahaan, korporat atau startup dengan menyebutnya sebagai engineering alih-alih sains.

Layaknya basic research, sustaining innovation dilakukan di laboratorium internal dan tim research & development. Tapi, tidak jarang juga perusahaan yang mempercayakan sustaining innovation ke tim eksternal.

Seperti yang telah dilakukan Steve Jobs ketika dia pergi ke IDEO untuk mempercayakan keterampilan mereka dalam membuat spesifikasi yang jelas demi sebuah mouse untuk Macintosh.

3. Disruptive Innovation

Disruptive innovation adalah inovasi yang sangat kompleks dan rumit. Hasil dari inovasi ini biasanya jarang diketahui sampai Anda benar-benar mengujinya.

Tren yang berkembang membuat disruptive innovation menjadi inovasi yang dilakukan melalui serangkaian A/B testing berkelanjutan yang membantu mengidentifikasi teknologi baru yang menjanjikan sebelum sepenuhnya matang.

4. Breakthrough Innovation

Seringkali, bidang industri tertentu mengalami kesulitan untuk bergerak maju karena membutuhkan pendekatan baru. Itu sebabnya inovasi sering datang dari pendatang baru, baik individu maupun organisasi.

Einstein dan Newton sama-sama berusia 20-an ketika mereka menemukan penemuan-penemuan besar mereka. Masalahnya, tentu saja, menunggu seorang jenius yang luar biasa datang bukanlah solusi yang efisien.

Breakthrough innovation mengharuskan perusahaan harus menyediakan tim dan fasilitas secara terbuka untuk menemukan inovasi baru tanpa harus menunggu, persis seperti yang dilakukan oleh P&G dalam program P&G connect and develop.

Temukan Inovasi Bisnis Anda dan Buat Tim yang Kompeten

Dari 4 tipe inovasi di atas kita menyadari bahwa sekecil apapun inovasi yang muncul, semuanya punya tingkatan yang berbeda.

Kesamaan dari semuanya terletak pada memberikan fasilitas dan kesempatan pada tim Anda untuk melakukan pemikiran out of the box yang inovatif dan kreatif.

Dapatkan konsultasi membuat laboratorium inovasi yang kompeten bersama 2.000+ inovator di SPRINTHINK dengan mengisi form yang ada di halaman home website, tim kami akan menghubungi perusahaan Anda maksimal 1×24 jam.

Like it? Share it!

Get In Touch!

Ingin konsultasi seputra pengembangan inovasi di perusahaan Anda? Jangan ragu hubungi kami, konsultasi gratis.

    Siapakah Inovator? Penjelasan dan 7 Karakteristik Lengkapnya

    Kita butuh seorang inovator, dan dunia juga membutuhkannya. Hal ini jugalah yang menjadi alasan adanya Hari Inovasi setiap 1 November. Mengingatkan kepada kita betapa pentingnya untuk selalu berpikir inovatif dan kreatif dalam kehidupan sehari-hari. Seorang inovator dibutuhkan untuk menemukan solusi dari setiap permasalahan serta membawa perubahan yang akhirnya membuat hidup manusia semakin mudah dan menyenangkan.

    By Masa
    Baca Selengkapnya

    5 Peran Penting Budaya Organisasi di Perusahaan

    Baik buruknya budaya organisasi perusahaan akan mempengaruhi operasional rekrutmen dan persentase retensi karyawan di dalam bisnis Anda. Hal ini terjadi karena budaya perusahaan Anda secara langsung mempengaruhi jenis kandidat yang Anda akan rekrut dan karyawan yang Anda akan pertahankan. Lebih dari itu, budaya merupakan kunci dari setiap inovasi dan kreativitas yang dikembangkan oleh setiap individu

    By Masa
    Baca Selengkapnya

    Cara Menciptakan Inovasi dan Kreativitas dalam Berbisnis

    Apapun industri bisnisnya, bisa dipastikan Anda percaya bahwa inovasi dan kreativitas merupakan gagasan penting untuk mengembangkan sebuah bisnis. Seperti hasilnya Gojek ketika aplikasinya baru pertama kali dibuat, inovasi dan kreativitas Nadiem ​​mendirikan Gojek muncul dari pengalaman pribadi saat menggunakan transportasi ojek hampir setiap hari ke tempat kerjanya untuk menembus kemacetan di Jakarta. Inovasi dan kreativitas

    By Masa
    Baca Selengkapnya