Penasaran dengan Peran Manajer Inovasi? Ini Daftarnya!

profil
By admin
peran-manajer-inovasi

Inovasi adalah usaha yang sangat kompleks dan komprehensif. Dibutuhkan berbagai fungsi dan keterampilan untuk mengembangkan produk atau layanan baru dari ide awal dan memposisikannya dengan sukses di market.

Hal ini menempatkan berbagai tuntutan pada manajemen inovasi di sebuah perusahaan. Manajer inovasi adalah karyawan yang punya peran dan tanggung jawab berfokus pada pengembangan produk, layanan, atau proses baru.

Manajer inovasi adalah penggerak untuk membentuk budaya kinerja tinggi, pendekatan revolusioner yang berorientasi pada penelitian, dan tim yang berorientasi pada tujuan yang terus berkembang untuk keunggulan.

Namun, menjadi seorang enabler bukanlah satu-satunya peran utama manajer inovasi, setidaknya ada 5 peran lain yang juga harus diselesaikan.

5 Peran Manajer Inovasi Perusahaan

Berikut ini daftar lengkap peran manajer inovasi dalam sebuah perusahaan agar bisnis berjalan sukses sesuai dengan harapan dan tujuan.

1. Creative and Strategic Thinker

Seorang manajer inovasi disarankan memiliki inovasi dan kreativitas yang tidak terbatas serta  mampu menemukan pemecahan masalah dengan cara yang kreatif, terutama dalam perspektif bisnis.

Seorang manajer inovasi tidak berbeda dengan seorang pengusaha yang menggerakkan tim mereka. Mereka memulai dengan permasalahan bisnis diikuti dengan pendekatan optimistis terhadapnya.

Dia menyaring, mengumpulkan ide, melakukan brainstorming bersama dengan tim yang terlibat serta menggunakan semua alat inovasi untuk menemukan gagasan yang terbaik.

2. Disruptive Leader and Developer

Seperti yang dikatakan oleh Steve Jobs, inovasi membedakan antara seorang pemimpin dan seorang pengikut. Sebagai manajer inovasi, tugas dia adalah memelihara budaya kerja yang berani dan disrupsi karena tidak sesuai dengan norma budaya dan sosial.

Ketika ada gosip yang membuat tim di dalam perusahaan Anda terhambat menyelesaikan tugas, peran manajer inovasi adalah mengelola individu tersebut untuk mengatasi hambatan tersebut dengan cepat dan cerdas.

Manajer inovasi tidak bisa bekerja sendirian ataupun hanya untuk diri sendiri. Dia harus menjadi pemimpin yang berkarakter berkualitas.

3. Punya Gambaran Besar dan Pandangan yang Lebih Maju

Seorang manajer inovasi harus melihat gambaran yang lebih besar dan membuat rencana yang sesuai. Inovasi adalah ibu dari penciptaan tetapi sering disertai dengan tantangan, manajer inovasi perlu memvisualisasikannya sebelumnya.

Sebagai bagian dari tim penting, kemampuan dia membuat proyeksi ke masa depan, yang menjadi dasar untuk strategi inovasi, bidang pencarian dan di atas segalanya untuk menemukan ide memenangkan pasar dan membentuk tim terbaik.

4. Manajemen Risiko

Semua bisnis punya risiko. Manajer inovasi punya peran untuk mengidentifikasi risiko sedini mungkin agar bisa ditanggapi dengan baik.

Keterlibatannya dalam manajemen risiko dalam seluruh proses inovasi di bisnis apapun, membuat manajer inovasi seperti berdiri di garis pertahanan sebuah bisnis agar tetap berdiri dan maju ke depan.

5. Organizational Developer

Sudah sangat jelas dengan setiap tugas dan peran yang diambilnya, maka manajer inovasi juga bisa disebut dengan organizational developer dalam sebuah perusahaan.

Dalam hal ini, dia tidak berusaha untuk menciptakan inovasinya sendiri, melainkan menyiapkan kondisi kerangka kerja sehingga inovasi tercipta dalam/dari sebuah tim dan dapat berlangsung dengan sukses.

Itu dia 5 peran manajer inovasi yang penting untuk diketahui dan dilakukan dengan tuntas. Semoga, dengan artikel ini, manajer inovasi dalam perusahaan Anda (atau Anda yang sedang berperan menjadi manajer inovasi) dapat memajukan perusahaan dengan berbagai kreativitas pemecahan masalah.

Dapatkan konsultasi membuat laboratorium inovasi yang kompeten bersama 2.000+ inovator di SPRINTHINK dengan mengisi form yang ada di halaman home website, tim kami akan menghubungi perusahaan Anda maksimal 1×24 jam.

Ditulis oleh Rendy Andriyanto

Like it? Share it!

Get In Touch!

Ingin konsultasi seputra pengembangan inovasi di perusahaan Anda? Jangan ragu hubungi kami, konsultasi gratis.

    5 Hasil Inovasi Pada Saat Pandemi Covid

    Pandemi Covid-19 memang telah banyak mengubah wajah dunia, termasuk Indonesia. Pandemi yang membuat perekonomian bergerak sangat lambat, membuat pebinsis berpikir keras untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Maklum di masa pandemi, tidak sedikit bisnis yang terpaksa harus gulung tikar karena minimnya pemasukan sehingga tidak bisa menutup biaya operasional. Saat pandemi, pergerakan atau mobilitas masyarakat memang sangat terbatas

    By admin
    Baca Selengkapnya

    Inilah Dampak Aturan Baru Dihapusnya Test Antigen/PCR Untuk Perjalanan Domestik Pada Bisnis

    Seperti kita ketahui bersama bahwa sekarang untuk melakukan perjalanan domestik baik itu melalui jalur darat, laut atau udara, tidak diharuskan melakukan tes antigen/PCR. Perubahan peraturan ini sendiri sudah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan ditetapkannya Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan Cocid-19 nomor 11 tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang

    By admin
    Baca Selengkapnya

    LevelUp Meetup 8 Maksimalkan Media Sosial-mu dengan Copywriting!

    Baca Juga:  Perlukah Punya Manajemen Inovasi Perusahaan? Ini Alasannya!

    By admin
    Baca Selengkapnya