4 Ciri Perusahaan yang Berhasil Berinovasi

profil
By admin
Berhasil Berinovasi

Perusahaan yang berhasil berinovasi pastinya akan selalu menjadi rujukan bagi bisnis dan perusahaan lainnya. Dengan keberhasilan inovasi yang dijalankan memang akan membuat perusahaan tersebut mampu mencapai tujuan serta misinya. Namun untuk mencapai keberhasilan dalam inovasi sendiri tidak semudah dilakukan. Pasalnya, inovasi yang tidak tepat dan tidak memiliki unsur-unsur yang dibutuhkan pasar, bisa membuatnya mengalami kegagalan.

Ciri Perusahaan yang Berhasil Berinovasi

Karena pentingnya inovasi dalam sebuah bisnis atau perusahaan, maka kita perlu mengetahui ciri-ciri perusahaan yang berhasil berinovasi. Berikut ciri-cirinya menurut para ahli yakni Everett M. Rogers dan Stephen Robbins: 

Hadirkan Unsur Kebaruan Sesuai Jamannya

Unsur kebaruan memang menjadi karakteristik utama dari sebuah inovasi. Nah bila ada perusahaan yang selalu mampu menghadirkan kebaruan sesuai jamannya, itu artinya inovasi yang dihadirkan sudah selangkah lebih maju dan berpeluang besar untuk mencapai keberhasilan. Dari sini maka owner bisnis memang harus peka terhadap zaman dan perubahannya agar bisa menghadirkan inovasi yang berdampak pada market dan perusahaan. Salah satu contoh kebaruan yang dilakukan perusahaan adalah PT Astra Graphia Tbk yang mengembangkan bisnis yakni digital printing dan digital services berwujud layanan solusi dokumen, teknologi digital, serta perkantoran.

Selalu Mampu Hadirkan Orisinalitas dan Kekhasan

Selain unsur kebaruan, perusahaan yang berhasil berinovasi memiliki ciri mampu hadirkan orisinalitas dan kekhasan. Walau harus membuat perubahan tertentu, perusahaan juga perlu mempertahankan kekhasan dan orisinalitasnya. Pastikan Anda memilikinya dan selalu hadirkan kekhasan dan orisinalitas bisnis pada setiap inovasi yang dijalankan. Salah satu contoh perusahaan yang selalu menghadirkan orisinalitas dan kekhasan adalah produk kaos Jogger dari Bali yang dikelola oleh Joseph Theodorus.

Selalu Menggulirkan Tujuan Disetiap Waktunya

perusahaan yang berhasil berinovasi
Sumber : https://cms.dailysocial.id

Sebuah target atau tujuan memang sangat penting bagi perusahaan yang ingin terus bertumbuh. Sebab dengan adanya target dan tujuan maka perusahaan akan terus terpacu untuk berinovasi serta berkembang disetiap waktunya. Jadi pastikan setelah satu target tercapai, tetapkan target berikutnya untuk diraih.

Memiliki Program Terencana

Terakhir, ciri perusahaan yang berhasil jalankan inovasinya adalah memiliki program terencana. Dari target dan tujuan yang ditetapkan memang perlu dijabarkan program-program yang akan dilakukan. Jangan lupa juga untuk merencanakan secara detail waktu untuk menjalankan program-program tersebut. Dari program-program serta strategi terencana inilah perusahaan akan mampu mencapai inovasi dan hasil yang gemilang.

Inovasi Membutuhkan Ide, Kreativitas dan Metodologi yang Tepat

Untuk menghadirkan inovasi yang tepat dan mampu mengantarkan perusahaan pada keberhasilan ini memang tidak mudah. Pasalnya ada banyak instrumen seperti sumber daya manusia, metodologi serta proses elaborasi ide dan kreativitas yang perlu Anda maksimalkan. Bicara mengenai metodologi dalam menghadirkan inovasi memang perlu pemilihan yang tepat. Salah satu metode yang baru-baru ini banyak digunakan perusahaan untuk menghadirkan inovasi yang efektif adalah design thinking.

Metode yang dipopulerkan oleh David Kelley dan Tim Brown ini sendiri memang sudah terbukti keampuahnnya. Pasalnya design thinking ini memang telah banyak diterapkan oleh beberapa perusahaan untuk metode penyelesaian masalah dengan inovasi. Dari sinilah maka Anda yang ingin membuat perusahaan yang berhasil berinovasi bisa menjadikan metode design thinking sebagai opsi atau pilihan.

Training Design Thinking yang Tepat dan Kredibel

Karena saat ini sudah banyak pihak yang menawarkan jasa pelatihan design thinking, maka Anda yang ingin mencapai perusahaan yang berhasil berinovasi perlu selektif dalam memilihnya. Nah bila Anda memang sedang mencari penyedia training design thinking yang tepat, Anda bisa menjadikan Sprinthink sebagai referensinya. Kenapa harus Sprinthink? Sebab Sprinthink memiliki kredibilitas dan profesionalisme untuk bekerjasama dengan siapa pun Anda yang ingin menumbuhkan bisnis dan perusahaan lewat inovasi. Sprinthink dari Telkom Indonesia pastinya menjadi sebuah bukti bahwa pelatihan design thinking yang dihadirkan akan mampu membuat Anda mencapai perusahaan yang berhasil berinovasi.

Dibuat oleh Asep Irwan

Like it? Share it!

Get In Touch!

Ingin konsultasi seputra pengembangan inovasi di perusahaan Anda? Jangan ragu hubungi kami, konsultasi gratis.

    5 Hasil Inovasi Pada Saat Pandemi Covid

    Pandemi Covid-19 memang telah banyak mengubah wajah dunia, termasuk Indonesia. Pandemi yang membuat perekonomian bergerak sangat lambat, membuat pebinsis berpikir keras untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Maklum di masa pandemi, tidak sedikit bisnis yang terpaksa harus gulung tikar karena minimnya pemasukan sehingga tidak bisa menutup biaya operasional. Saat pandemi, pergerakan atau mobilitas masyarakat memang sangat terbatas

    By admin
    Baca Selengkapnya

    Inilah Dampak Aturan Baru Dihapusnya Test Antigen/PCR Untuk Perjalanan Domestik Pada Bisnis

    Seperti kita ketahui bersama bahwa sekarang untuk melakukan perjalanan domestik baik itu melalui jalur darat, laut atau udara, tidak diharuskan melakukan tes antigen/PCR. Perubahan peraturan ini sendiri sudah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan ditetapkannya Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan Cocid-19 nomor 11 tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang

    By admin
    Baca Selengkapnya

    LevelUp Meetup 8 Maksimalkan Media Sosial-mu dengan Copywriting!

    Baca Juga:  Cara Menciptakan Inovasi dan Kreativitas dalam Berbisnis

    By admin
    Baca Selengkapnya