Pentingnya Penerapan Manajemen Inovasi di Perusahaan

profil
By admin
Manajemen Inovasi

Manajemen inovasi di perusahaan memang sangat penting bagi setiap pengusaha yang ingin bisnisnya terus mengalami pertumbuhan. Seiring perkembangan jaman yang dinamis dan semakin cepat, memunculkan banyak perubahan di sekitarnya (disruption). Ditambah dengan tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat, membuat perusahaan pun dapat mengalami guncangan bila tidak cepat beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Dari sinilah maka inovasi menjadi sesuatu yang penting untuk selalu diterapkan dalam perusahaan. Untuk menerapakan inovasi sendiri maka konsep manajemen inovasi di perusahaan akan menjadi hal terbaik untuk hasil akhirnya.

Munculnya Manajemen Inovasi 

Manajemen inovasi sebagai sebuah konsep yang mengkombinasikan antara proses inovasi dan manajemen perubahan ini tidak muncul dengan sendirinya. Tapi manajemen inovasi ini muncul karena adanya fenomena pertumbuhan industri dan perusahaan skala besar pasca Perang Dunia ke-II. Dengan mengacu pada produk, proses bisnis, dan inovasi organisasi, manajemen inovasi akan memungkinkan sebuah organisasi atau perusahaan untuk menggali dan mengelaborasi ide-ide. Dari sini maka dari elaborasi ide serta proses kreativitas oleh setiap peserta manajemen inovasi, akan mampu menghadirkan kontribusi yang efektif untuk kemajuan perusahaan.

Pentingnya Manajemen Inovasi di Perusahaan

Selain untuk mengatasi adanya perubahan zaman yang memunculkan disruption, manajeman inovasi ini juga penting bagi perusahaan untuk mengembangkan atau menumbuhkan bisnisnya. Nah berikut ini adalah beberapa pentingnya manfaat dari penerapan manajemen inovasi bagi perusahaan.

manajemen inovasi di perusahaan
Sumber : https://blog.smu.edu.sg

Menciptakan pasar-pasar baru (newmarkets)

Pasar baru merupakan harapan bagi pebisnis. Ini karena dengan adanya pasar baru maka pendapatan usaha bisa semakin meningkat. Tapi untuk dapat meraih pasar baru tentu tidak mudah. Namun dengan manajemen inovasi yang Anda hadirkan maka akan muncul beragam solusi untuk bisa memikat konsumen baru serta memenangkan persaingan. Jadi dari sini perusahaan Anda tentu akan bisa mendapatkan omset yang lebih besar karena selain bisa mempertahankan pelanggan lama, juga bisa mendapatkan pelanggan baru.

Menciptakan suatu lompatan jauh ke depan (quantumleap)

Dengan inovasi, sebuah bisnis memang bisa saja menghadirkan terobosan yang dapat mengubah apapun. Jadi dari sini perusahaan bukan tidak mungkin akan bisa mengalami lompatan yang besar dan jauh ke depan karena inovasi yang dijalankan. Manajemen inovasi yang dikembangkan dari beberapa ide dan gagasan memang akan membuat Anda bisa memperoleh solusi untuk melakukan sesuatu yang brilian guna mendobrak persaingan. Maka seiring dengan manajemen inovasi di perusahaanyang berlangsung baik, maka bisnis yang awalnya biasa-biasa saja, bukan tidak mungkin akan melompat ke sebuah pencapaian yang lebih besar. 

Melakukan reduksi biaya secara dramatik (sharp drop)

Anda yang selama ini selalu mendapat masalah pada ketidakstabilankeuangan perusahaan, maka dengan menjalankan manajemen inovasi bisa diperoleh solusinya. Manajemen inovasi yang juga meliputi inovasi organisasi ini memang akan dapat mengubah kebiasaan finansial lama yang buruk. Jadi saat manajemen ini diterapkan, maka dengan kebiasaan keuangan yang semakin membaik, Anda pun bisa melakukan reduksi biaya atau pengeluaran secara dramatik (sharp drop).

Manajemen Inovasi Dari Konsep Austria Joseph Schumpeter

Dalam bukunya “Kapitalisme, Sosialisme dan Demokrasi”, ekonom Joseph Schumpeter menyatakan bahwa inovasi sebagai faktor paling penting dalam pertumbuhan ekonomi. Dengan mengembangkan konsep creativedestruction, ide-ide Joseph ini kemudian dikembangkan menjadi sebuah metode menajemen inovasi di perusahaan.

Dari informasi di atas maka sebagai pebisnis sudah selayaknya untuk mengedepankan manajemen inovasi untuk menghadapi segala tuntutan jaman. Salah satu upaya untuk membantu Anda dalam menjalankan manajemen inovasi yang sukses adalah dengan membentuk tim manajemen inovasi di perusahaan yang mampu mengelola inovasi yang berimpact. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri karena tim manajemen inovasi tersebut akan bertanggung jawab dalam menyebarkan budaya dan cara-cara inovasi ke seluruh karyawan di perusahaan tersebut, tak peduli di cabang perusahaan mana di Indonesia. Untuk lebih memudahkan Anda dalam menjalankan manajemen inovasi bisa dilihat di sini.

Ditulis oleh Asep Irwan

Like it? Share it!

Get In Touch!

Ingin konsultasi seputra pengembangan inovasi di perusahaan Anda? Jangan ragu hubungi kami, konsultasi gratis.

    Apa Itu Intrapreneurship beserta 7 Karakteristik Utamanya

    Dalam berkarir di perusahaan, tak jarang ada beberapa karyawan yang ditunjuk atasan untuk mengerjakan project dengan tujuan menghadirkan inovasi dan ide-ide cemerlang. Inovasi yang ada nantinya ini tentu memiliki tujuan agar bisnis di perusahaan akan semakin maju. Nah apa yang dilakukan karyawan dalam project tadi disebut dengan intrapreneurship. Sedangkan orang atau karyawan yang mengerjakanya disebut

    By admin
    Baca Selengkapnya

    Bagaimana Cara Berinovasi di Perusahaan? Ikuti 8 Langkah Berikut!

    Dalam persaingan bisnis yang semakin sengit saat ini, membuat siapapun pengusahanya mau tak mau harus terus bergerak dan tahu cara berinovasi dengan pasti. Bisnis yang diam tanpa pengembangan produk atau manajemen memang akan mudah tergeser atau tersisih. Dari sinilah peran inovasi dalam sebuah bisnis sangat penting bagi kelanjutan perusahaan. Tapi bagaimana cara berinovasi atau menciptakan

    By admin
    Baca Selengkapnya

    Penasaran dengan Peran Manajer Inovasi? Ini Daftarnya!

    Inovasi adalah usaha yang sangat kompleks dan komprehensif. Dibutuhkan berbagai fungsi dan keterampilan untuk mengembangkan produk atau layanan baru dari ide awal dan memposisikannya dengan sukses di market. Hal ini menempatkan berbagai tuntutan pada manajemen inovasi di sebuah perusahaan. Manajer inovasi adalah karyawan yang punya peran dan tanggung jawab berfokus pada pengembangan produk, layanan, atau

    By admin
    Baca Selengkapnya