8 Kriteria Perusahaan Inovatif yang Wajib Ditiru

profil
By admin
kriteria perusahaan inovatif

Inovasi tidak datang dengan sendirinya ke dalam sebuah perusahaan. Membutuhkan perusahaan yang secara aktif mengembangkannya dalam ribuan cara, mulai dari mempekerjakan anggota tim baru hingga meluangkan waktu untuk bereksperimen pada ide-ide segar.

Namun, ada beberapa kriteria perusahaan inovatif yang dapat kita kenali dan kita tiru untuk menjadikan perusahaan Anda sendiri lebih mudah berkembang dan mendapatkan hati pelanggan.

Berikut ini 8 kriteria perusahaan inovatif yang kami maksud tersebut.

1. Penuh dengan Karyawan yang Punya Rasa Penasaran Tinggi

Inovasi tidak terjadi di sekitar orang yang ingin tahu. Itu sebabnya banyak perusahaan yang menyukai pelamar kerja dengan persyaratan pendidikan tertentu. Karena, pendidikan tinggi selama bertahun-tahun dapat menumbuhkan pikiran terbuka dan semangat kreatif.

Meskipun tidak selalu selaras, tapi rasa penasaran yang tinggi merupakan softskill yang paling banyak diminta oleh perusahaan ternama. Intinya adalah mengumpulkan orang-orang berdasarkan rasa ingin tahu mereka, dorongan mereka untuk belajar lebih banyak dan kecintaan mereka untuk terus memperbaiki diri. Ini adalah bakat dari perusahaan yang inovatif.

2. Penuh dengan Pemimpin yang Menginspirasi

Anda harus paham bahwa memilih pemimpin lebih baik dimulai dari pemimpin yang dapat melatih tim mereka tentang nilai pemikiran yang tidak ortodoks dan kecintaan mengeksplorasi cara-cara baru untuk melakukan sesuatu.

Para pemimpin di perusahaan Anda adalah orang-orang yang langsung dapat memberi penghargaan kepada karyawan karena gagal secara cerdas.

Selain itu, mereka juga punya bakat untuk menghapus birokrasi yang menghambat inovasi, memahami tools perusahaan dan tidak takut untuk mencoba sesuatu yang baru, memiliki keterbukaan yang jelas terhadap ide-ide baru dan semangat untuk tidak menghakimi serta meluangkan waktu bagi karyawan untuk terlibat dalam brainstorming dan eksperimen.

Perusahaan yang inovatif membutuhkan pemimpin yang dapat menjaga bisnis tetap berjalan sambil terus mengeksplorasi ide-ide baru.

3. Tidak Menghakimi Kegagalan dan Menghargai Proses

Sangat sedikit perusahaan yang mencapai ketenaran di seluruh dunia dan melanjutkan kesuksesan tanpa terlebih dahulu membuat diri mereka nyaman dengan gagasan kegagalan.

Ada banyak cara untuk merayakan kegagalan di tempat kerja sambil menghormati dan menyelidiki jalan kreatif yang dapat dibuka untuk Anda.

Perusahaan yang inovatif harus bekerja untuk menciptakan suasana yang mendorong pemikiran kreatif tanpa rasa takut.

Pemikiran kreatif tanpa rasa takut harus didampingi dengan perusahaan yang juga tidak mudah menghakimi sebuah kegagalan karena proseslah yang justru lebih difokuskan.

4. Menempatkan Inovasi sebagai Syarat Posisi Strategis

Anda perlu membangun pekerjaan Anda di sekitar konsep yang tidak jauh dari berinovasi. Dengan begitu, sejak dini mereka sadar ketika mendapatkan tanggung jawab pada posisi yang strategi tersebut untuk tidak takut pada kegagalan dan mencintai eksperimen baru.

Ini adalah cara sempurna untuk mengkomunikasikan sejauh mana perusahaan Anda menganggap setiap anggota tim bertanggung jawab atas pemikiran inovasi dan selalu menyediakan waktu untuk ide-ide brilian.

5. Skill Komunikasi yang Bagus

Kriteria perusahaan inovatif selanjutnya adalah kepemilikan banyak karyawan dengan skill komunikasi yang bagus.

Tim harus berkomunikasi dan berkoordinasi di antara mereka sendiri, pemimpin dan CEO harus berkomunikasi dengan tim tersebut dan perwakilan perusahaan harus berkomunikasi dengan dunia luar.

Bagian mana perusahaan yang tidak membutuhkan komunikasi? Jelas tidak ada.

6. Berambisi

Agar berhasil, pertama-tama sebuah perusahaan harus memiliki dorongan untuk berhasil, serta ambisi untuk melihat upaya apa yang harus dilalui.

Dunia ini penuh dengan pelaku usaha yang tidak pernah berhasil melewati tahap awal ide mereka. Mereka mungkin memiliki dorongan untuk berhasil, tetapi ketika sampai pada bagian ambisi untuk melihat ide mereka membuahkan hasil, mereka kurang.

Dorongan dan ambisi, ketika dipasangkan bersama, dapat membantu perusahaan melewati masa-masa sulit saat memulai dan menjalankan perusahaan.

Kedua bahan utama ini sangat penting untuk sukses di industri apapun, ini adalah dua bahan yang memisahkan perusahaan inovatif dan sukses dari perusahaan lainnya.

7. Fokus pada Pelanggan

Pepatah lama tentang “pelanggan selalu benar” adalah kunci perusahaan inovatif dan sukses. Perusahaan-perusahaan ini tidak hanya melakukan yang terbaik untuk memastikan pelanggan mereka puas, tapi mereka juga mendengarkan apa yang dikatakan oleh pelanggan.

Mereka mencari tahu apa yang mereka inginkan, apa yang mereka butuhkan dan mereka berinovasi untuk menyediakan solusi ini kepada pelanggan mereka.

Untuk menjadi inovatif, Anda harus memiliki ide dari pelanggan Anda dan menjadikannya sebagai sumber inspirasi. Pada akhirnya, pelanggan dan kebutuhan mereka harus menjadi fokus perusahaan Anda, bukan angka penjualan.

8. Punya Program Pengembangan Karyawan

Fakta mengungkapkan bahwa peluangan pengembangan pribadi dan profesional berada di urutan teratas daftar apa yang diinginkan oleh seorang karyawan.

Jika Anda ingin anggota tim yang terus menerus bekerja, berinovasi dan memperbaiki diri, perusahaan Anda perlu membangun sebuah ruang untuk mereka berkembang, baik melalui sesi pelatihan atau menyediakan berbagai buku pengetahuan yang dibutuhkan.

Karyawan yang tidak secara teratur mengeksplorasi keterampilan baru dan tidak belajar tentang industri mereka dan bagaimana hal itu berubah di dalam posisi yang baik untuk menemukan ide-ide untuk menghadapi perubahan tersebut secara langsung.

Dapatkan konsultasi membuat laboratorium inovasi yang kompeten bersama 2.000+ inovator di SPRINTHINK dengan mengisi form yang ada di halaman home website, tim kami akan menghubungi perusahaan Anda maksimal 1×24 jam.

Like it? Share it!

Get In Touch!

Ingin konsultasi seputra pengembangan inovasi di perusahaan Anda? Jangan ragu hubungi kami, konsultasi gratis.

    5 Hasil Inovasi Pada Saat Pandemi Covid

    Pandemi Covid-19 memang telah banyak mengubah wajah dunia, termasuk Indonesia. Pandemi yang membuat perekonomian bergerak sangat lambat, membuat pebinsis berpikir keras untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Maklum di masa pandemi, tidak sedikit bisnis yang terpaksa harus gulung tikar karena minimnya pemasukan sehingga tidak bisa menutup biaya operasional. Saat pandemi, pergerakan atau mobilitas masyarakat memang sangat terbatas

    By admin
    Baca Selengkapnya

    Inilah Dampak Aturan Baru Dihapusnya Test Antigen/PCR Untuk Perjalanan Domestik Pada Bisnis

    Seperti kita ketahui bersama bahwa sekarang untuk melakukan perjalanan domestik baik itu melalui jalur darat, laut atau udara, tidak diharuskan melakukan tes antigen/PCR. Perubahan peraturan ini sendiri sudah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan ditetapkannya Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan Cocid-19 nomor 11 tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang

    By admin
    Baca Selengkapnya

    LevelUp Meetup 8 Maksimalkan Media Sosial-mu dengan Copywriting!

    Baca Juga:  Bagaimana Cara Berinovasi di Perusahaan? Ikuti 8 Langkah Berikut!

    By admin
    Baca Selengkapnya