6 Ide dan Contoh Employee Engagement untuk Perusahaan

profil
By admin
contoh employee engagement

Employee engagement mengarah pada pengalaman konsumen yang luar biasa dan menjadikan sebuah perusahaan memiliki bisnis yang lebih unggul. Meskipun demikian, masih ada banyak perusahaan mengabaikan aktivitas employee engagement karena lebih mengutamakan angka pendapatan dan cara meningkatkan keuntungan lebih banyak.

Tetapi di zaman sekarang ini, berfokus pada keuntungan bukanlah hal yang membawa perusahaan jauh lebih baik. Karyawan tidak bertahan lama karena suatu alasan, salah satu yang terbanyak adalah tuntutan berlebihan pada seorang karyawan. Itulah sebabnya banyak perusahaan saat ini siap menawarkan fasilitas yang berharga sebagai imbalan atas tenaga dan kerja keras yang efisien.

Oleh karena itu, sebagai pemberi kerja, menjaga karyawan Anda tetap terlibat adalah tantangan terbesar yang dapat Anda hadapi hari ini. Berikut ini adalah 6 ide dan contoh employee engagement kreatif yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan engagement di antara karyawan Anda.

6 Ide dan Contoh Employee Engagement Paling Efisien

Diambil dari berbagai teori dan riset, berikut ini 6 contoh employee engagement paling efisien.

1. Doronglah Budaya Berbagi Pengetahuan

Menciptakan budaya kerja perusahaan yang mendorong untuk berbagi pengetahuan merupakan ruang employe engagement yang paling efisien.

Mulailah dengan membuat ruang berbagi terbuka, tempat anggota semua tim di departemen Anda dapat berbagi pengetahuan, ide baru dan informasi tentang project yang sedang mereka kerjakan.

Di dunia maya saat ini, orang tidak dapat terhubung dan mengumpulkan informasi saat bepergian, seperti dulu di masa pra-pandemi. Jadi, cobalah untuk meramaikan sebuah acara. Untuk membuat ini menyenangkan, Anda dapat mengubah tema setiap bulan dan meminta mereka untuk berbagi ide sesuai tema.

2. Ciptakan Hari Kantor Bertema

Ketika tenaga kerja Anda sebagian besar berada di rumah, setiap kali mereka mengunjungi kantor, mereka akan berkunjung dengan perasaan senang dan bersemangat.

Datang ke kantor bukan lagi hal biasa, tapi istimewa. Jadi, rencanakan untuk menjadikannya signifikan seperti yang diharapkan karyawan.

Memiliki hari kantor bertema dapat membawa banyak kesenangan dan meningkatkan loyalitas karyawan. Ketika karyawan aktif mengikuti kegiatan yang menyenangkan, hal itu menginspirasi mereka untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

3. Buat Majalah Seputar Karyawan

Buatlah majalah yang berfokus pada karyawan dengan berita, peluang unggulan, cerita dan kolom yang menyenangkan lainnya.

Untuk membuatnya lebih menarik, tampilkan karyawan terbaik bulan ini di sampul majalah. Siapa yang tidak senang ditampilkan di sampul majalah sebagai Employee of the Month? Anda dapat memiliki untuk menjadikannya edisi cetak atau edisi online yang diposting ke email dan sosial media perusahaan Anda.

4. Fokus pada Apa yang Terbaik bagi Karyawan Anda

Selama hari-hari pra-pandemi, kita bisa mendapatkan obrolan cepat secara real-time. Butuh sedikit waktu bagi bos untuk menoleh ke karyawan dan berkata, “Hei, apakah Anda pikir Anda bisa melakukan ini?,” Semacam diskusi informal yang digunakan untuk memastikan kita mendapatkan pekerjaan yang kita nikmati.

Kesempatan itu telah hilang sekarang karena kita bekerja dari rumah. Namun, kesalahan terbesar yang dapat dilakukan oleh seorang manajer adalah memberikan tugas tugas yang tidak sesuai dengan keterampilan karyawan mereka.

Karyawan ingin diberi kesempatan untuk bersinar, yang berarti mereka harus memiliki kemampuan untuk melakukan yang terbaik, sesering mungkin. Oleh sebab itu, bicaralah dengan karyawan Anda dan cari tahu tugas mana yang membuat mereka nyaman dan tetapkan pekerjaan mereka sesuai dengan hasil diskusi tersebut.

5. Siapkan Insentif kepada Karyawan

Bagi karyawan, insentif berarti sesuatu hal yang dapat membantu meningkatkan motivasi kerja mereka. Bisa disebut, imbalan adalah pendorong keterlibatan yang hebat.

Oleh sebab itu, ciptakanlah lingkungan yang terisi penuh dengan menawarkan banyak manfaat dan penawaran menarik, dimana karyawan Anda merasa termotivasi untuk terlibat.

Sementara beberapa hadiah dapat berwujud seperti tiket perjalanan atau kupon makan siang, atau bisa juga dengan sesuatu yang tidak berwujud, seperti waktu istirahat tambahan untuk pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan baik.

6. Berikan Bimbingan dan Pelatihan

Saat ini, sudah semakin banyak karyawan yang menyadari bahwa keseimbangan kehidupan kerja sangat penting. Lebih penting lagi, menggunakan waktu itu untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat atau untuk meningkatkan keterampilan diri sendiri.

Disinilah mentor datang. Mentor membimbing mereka dalam pekerjaan dan cara hidup. Ini akan membuat kantor Anda menjadi dunia yang baik jika Anda dapat memberikan fasilitas pendampingan dan pelatihan bagi karyawan Anda.

Sebuah studi oleh American Society for Training and Development mengatakan bahwa lebih dari 71% perusahaan Fortune 500 (paywall) memiliki program bimbingan formal yang ditetapkan di tempat kerja mereka. Meskipun kedengarannya cukup menjanjikan, hanya 37% dari pekerja ini yang mengaku memiliki mentor menurut survei Universitas Olivet Nazarene.

Miliki proses mentoring yang baik dan mudah untuk karyawan Anda. Pastikan itu cukup efektif untuk semua karyawan. Jalankan survei untuk mendapatkan pendapat mereka. Karyawan Anda akan mendapatkan banyak dari proses ini dan akan tahu bahwa perusahaan mereka peduli pada mereka. Ini akan mengarah pada peningkatan besar dalam tingkat keterlibatan.

Bila Anda bingung ingin mulai dari mana memberikan bimbingan dan pelatihan terbaik bagi karyawan, dapatkan konsultasi membuat laboratorium inovasi yang kompeten bersama 2.000+ inovator di SPRINTHINK dengan mengisi form yang ada di halaman home website, tim kami akan menghubungi perusahaan Anda maksimal 1×24 jam.

Like it? Share it!

Get In Touch!

Ingin konsultasi seputra pengembangan inovasi di perusahaan Anda? Jangan ragu hubungi kami, konsultasi gratis.

    5 Hasil Inovasi Pada Saat Pandemi Covid

    Pandemi Covid-19 memang telah banyak mengubah wajah dunia, termasuk Indonesia. Pandemi yang membuat perekonomian bergerak sangat lambat, membuat pebinsis berpikir keras untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Maklum di masa pandemi, tidak sedikit bisnis yang terpaksa harus gulung tikar karena minimnya pemasukan sehingga tidak bisa menutup biaya operasional. Saat pandemi, pergerakan atau mobilitas masyarakat memang sangat terbatas

    By admin
    Baca Selengkapnya

    Inilah Dampak Aturan Baru Dihapusnya Test Antigen/PCR Untuk Perjalanan Domestik Pada Bisnis

    Seperti kita ketahui bersama bahwa sekarang untuk melakukan perjalanan domestik baik itu melalui jalur darat, laut atau udara, tidak diharuskan melakukan tes antigen/PCR. Perubahan peraturan ini sendiri sudah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan ditetapkannya Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan Cocid-19 nomor 11 tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang

    By admin
    Baca Selengkapnya

    LevelUp Meetup 8 Maksimalkan Media Sosial-mu dengan Copywriting!

    Baca Juga:  Contoh Kasus VUCA dan Strategi Untuk Menghadapinya

    By admin
    Baca Selengkapnya