3 Contoh VUCA di Indonesia di Berbagai Sektor Bisnis

profil
By admin
Contoh Vuca

Tidak ada satu sektor bisnis saat ini yang kebal dengan gangguan. Suatu perusahaan mungkin memiliki strategi marketing efektif, tapi untuk berapa lama? Ada banyak contoh VUCA di Indonesia yang imbasnya merugikan perusahaan, bahkan sampai tutup tirai.

Sektor migas yang selama ini adem-ayem terganggu karena hadirnya energi terbarukan seperti solar cell. Sektor televisi kalah dengan platform berbagi video YouTube. Sektor retail terganggu karena lapak online. Taksi konvensional kalah dengan taksi online, dan lainnya.

Pada dasarnya, sektor yang dulunya didominasi kalangan tertentu saja, kini runtuh dengan startup baru yang memiliki kultur kerja di luar kebiasaan. Jika ditarik garis lurus, satu persamaan kenapa pemain lama kenapa kalah bersaing, mereka sama-sama lupa memahami VUCA.

VUCA berisi paket tantangan bisnis masa kini, dan perusahaan yang mampu memecahkan masalah yang dalam VUCA lebih dulu, ada peluang besar berjaya. VUCA terdiri dari volatile, uncertain, complex, dan ambiguous, yang merupakan ancaman nyata bisnis saat ini.

Contoh VUCA di Indonesia

#1. Go-Jek

contoh vuca di indonesia
Sumber : https://www.cnbcindonesia.com

Go-Jek menyediakan solusi masif terkait kebutuhan ojek di daerah rawan macet. Meski terbilang sukses dan mendapat predikat startup lokal pertama yang meraih predikat decacorn, Go-Jek juga tak lepas dari masalah. Terutama yang terkait dengan VUCA.

Dengan model bisnis yang terus berkembang dan tuntutan konsumen yang makin meningkat, Go-Jek mulai menambah layanan dan mengubah pola interaksi sebagai bentuk respon pada VUCA. Teknologi membuat apapun yang konvensional dibuat serba otomatis.

Go-Jek pada dasar fokus pada platform online dalam memberi solusi atas masalah konsumen. Lihat saja semua layanan yang ada dalam aplikasi Go-Jek, sebenarnya tak jauh beda dengan layanan konvensional hanya saja dikemas secara online, tertata, dan menarik.

Semua batasan yang biasa muncul secara konvensional mampu diselesaikan secara online. Oleh ojek online tersebut, Go-Jek merespon VUCA sebagai bentuk pemicu supaya perusahaan tetap mau berkembang dan melakukan inovasi baru.

#2. Unilever

contoh vuca di indonesia
Sumber : https://www.ft.com

VUCA yang dihadapi Unilever tampak berbeda, sehingga solusi yang diambil juga berbeda. Unilever mengambil kebijakan dengan menyiapkan sumber daya yang lebih unggul sebagai respon tantangan bisnis. Fokus perbaikan menyasar ke sektor internal lebih dulu.

Apa yang dilakukan Unilever pertama kali yaitu memindahkan kantor ke BSD sehingga interaksi dan komunikasi antar pekerja dan divisi bisa dilakukan lebih intens. Beberapa program pelatihan kemudian diluncurkan guna mencari SDM yang handal dalam menangani VUCA.

Klaim Unilever, rekrutmen generasi saat ini bertujuan agar bisnis tetap relevan dengan kondisi yang berjalan. Disaat perusahaan lain mengambil opsi perampingan karyawan, Unilever justru beraksi sebaliknya, rekrutmen tetap dilakukan sambil berfokus pada integrasi internal.

Dalam menangani VUCA, Unilever menerapkan prinsip keterbukaan, transparansi, dan akses internal pada karyawan. Pada praktiknya, tiap karyawan diberi semacam perangkat yang terhubung dengan data perusahaan sehingga pekerja tahu apa saja yang akan didapat selain gaji, misalnya.

Unilever juga lebih memberi fleksibilitas pada karyawan, misalnya cuti hamil hingga empat bulan atau fasilitas anak bagi pekerja yang membawa anak. Dengan situasi seperti demikian, karyawan bisa tetap fokus dan produktif terhadap apa yang menjadi tugasnya.

#3. PT KAI

contoh vuca di indonesia
Sumber : https://fin.co.id

VUCA mengubah kecenderungan perilaku konsumen, dari yang awalnya konvensional menjadi serba digital. Dalam menghadapi konsumen yang sedemikian maju, PT KAI juga melakukan pembenahan dengan ikut terjun ke dunia digital agar relevan dengan market saat ini.

Kenyamanan konsumen dalam memakai moda transportasi merupakan tujuan utama. Beberapa fasilitas standar kemudian ditambahkan, seperti terminal listrik, pendingin udara, atau kedai makan. Dari semua perubahan yang dihadirkan, sistem tiket online didahulukan karena merupakan titik temu antara konsumen dan perusahaan.

Semua fasilitas tersebut hadir guna menunjang rasa nyaman saat menggunakan kereta api. Bentuk respon VUCA tak hanya ada pada kereta api saja, melainkan stasiun sebagai tempat keluar masuknya penumpang juga ikut dirubah. Di samping juga membuka kolaborasi dengan platform jual beli tiket online yang lain.

Jika melihat perusahaan di atas, masalah yang dihadapi pasti berbeda-beda untuk tiap sektor bisnis. Masih ada banyak contoh VUCA di Indonesia dengan masalah spesifik dan proses pencarian solusi berbeda. Menghadapi VUCA bukan merupakan pilihan, tapi suatu keharusan.

Like it? Share it!

Get In Touch!

Ingin konsultasi seputra pengembangan inovasi di perusahaan Anda? Jangan ragu hubungi kami, konsultasi gratis.

    Apa Itu Intrapreneurship beserta 7 Karakteristik Utamanya

    Dalam berkarir di perusahaan, tak jarang ada beberapa karyawan yang ditunjuk atasan untuk mengerjakan project dengan tujuan menghadirkan inovasi dan ide-ide cemerlang. Inovasi yang ada nantinya ini tentu memiliki tujuan agar bisnis di perusahaan akan semakin maju. Nah apa yang dilakukan karyawan dalam project tadi disebut dengan intrapreneurship. Sedangkan orang atau karyawan yang mengerjakanya disebut

    By admin
    Baca Selengkapnya

    Bagaimana Cara Berinovasi di Perusahaan? Ikuti 8 Langkah Berikut!

    Dalam persaingan bisnis yang semakin sengit saat ini, membuat siapapun pengusahanya mau tak mau harus terus bergerak dan tahu cara berinovasi dengan pasti. Bisnis yang diam tanpa pengembangan produk atau manajemen memang akan mudah tergeser atau tersisih. Dari sinilah peran inovasi dalam sebuah bisnis sangat penting bagi kelanjutan perusahaan. Tapi bagaimana cara berinovasi atau menciptakan

    By admin
    Baca Selengkapnya

    Penasaran dengan Peran Manajer Inovasi? Ini Daftarnya!

    Inovasi adalah usaha yang sangat kompleks dan komprehensif. Dibutuhkan berbagai fungsi dan keterampilan untuk mengembangkan produk atau layanan baru dari ide awal dan memposisikannya dengan sukses di market. Hal ini menempatkan berbagai tuntutan pada manajemen inovasi di sebuah perusahaan. Manajer inovasi adalah karyawan yang punya peran dan tanggung jawab berfokus pada pengembangan produk, layanan, atau

    By admin
    Baca Selengkapnya