Memahami Apa Itu Lean Canvas Untuk Keberhasilan Bisnis

profil
By admin
Lean Canvas

Satu tantangan terbesar yang dihadapi pengusaha yaitu mewujudkan ide menjadi kenyataan. Lean canvas merupakan metode perencanaan yang bisa membantu merubah ide menjadi nyata. Tapi yang menjadi pertanyaan besarnya, apa itu lean canvas sebenarnya?

Lean canvas bukan hanya memudahkan ide yang rumit, tapi juga membantu menemukan informasi kunci yang diperlukan bisnis dengan mudah. Pendekatan yang digunakan lean canvas sangat efisien untuk bisnis, terutama saat membangun ide bisnis.

Apa Itu Lean Canvas?

apa itu lean canvas
Sumber : http://sg2.gigih.net

Lean canvas merupakan template rencana bisnis yang dapat membantu memecah ide supaya lebih mudah dibaca dan dipahami. Metode lean canvas dikembangkan ash maurya yang diadaptasi dari business model canvas (BMC) buatan alexander osterwalder.

Secara struktur lean canvas juga mengadopsi BMC, tapi dengan disertai beberapa perubahan. Lean canvas lebih fokus pada masalah, solusi, parameter kunci, dan nilai kompetitif, selain juga bisa dimanfaatkan untuk mengukur risiko dan ketidakpastian bisnis.

Sangat memungkinkan untuk memvisualisasi seluruh rencana bisnis dalam satu tampilan sederhana dengan lean canvas. Pada dasarnya, lean canvas memang ditujukan untuk pengusaha agar lebih sederhana dan jelas dalam membuat ide tentang bisnis.

Komponen Dalam Lean Canvas

apa itu lean canvas
Sumber : https://www.buscarfoto.com

Lean canvas menyertakan faktor risiko dan ketidakpastian sehingga pebisnis menjadi lebih waspada tentang apa yang akan terjadi ke depan. Tiap komponen dalam lean canvas mewakili aspek utama yang diperlukan bisnis, antara lain seperti:

#1. Customer Segment

Komponen ini berbicara mengenai segmen seperti apa yang akan dituju. Dalam mencari komponen, perusahaan harus melakukan analisis demografi dari konsumen, termasuk kecenderungan perilaku konsumen.

#2. Problem

Kotak ini harus diisi tiga masalah paling besar yang dihadapi bisnis yang harus segera diselesaikan. Produk gagal sering terjadi karena bisnis gagal mengaplikasikan usaha, waktu, dan sumber daya. Beberapa contoh masalah yang bisa dimasukkan pada kolom ini dapat dilihat di gambar di atas.

#3. Solution

Berdasarkan rincian masalah yang sudah teridentifikasi, solusi kemudian lebih ditemui. Cara terbaik untuk mengetahui solusi yaitu dengan bertanya langsung ke konsumen. Memang benar bahwa tak ada solusi yang 100%, tapi lean canvas setidaknya bisa membantu mendekati angkat tersebut.

#4. Unique Value Proposition

Kolom ini terletak di tengah kanvas karena merupakan bentuk titik temu apa yang akan ditawarkan dan apa yang diminta konsumen. Nilai ini harus mencerminkan apa yang dimiliki bisnis sehingga perlu dipikirkan apa yang membuat produk berbeda dari kompetitor yang sama-sama bertujuan memecahkan masalah yang sama.

#5. Channel 

Seperti apa cara yang ditempuh perusahaan dalam memasarkan produk akan terlihat dari channel mana saja yang akan diambil. Dalam kata lain, channel yang dimaksud bisa berupa media perusahaan menggapai pelanggannya.

#6. Revenue Stream

Bagaimana produk atau jasa akan dilabeli harga? Faktor apa saja yang harus diperhatikan saat ingin membuat label harga? Harga merupakan bagian penting dari keseluruhan produk yang ditawarkan, dan penentuannya harus didasarkan pada riset dan uji coba. 

#7. Cost Structure

Ini merupakan anggaran yang diperlukan supaya bisnis mampu berjalan dengan baik dalam market. Biaya yang dimaksud mencakup semua pengeluaran yang diperlukan untuk riset, gaji staf, pembelian alat inventaris, dan lain sebagainya.

#8. Key Activity

Untuk mengetahui apakah bisnis berjalan sesuai apa yang direncanakan, harus ada semacam indikator atau parameter sebagai ukuran sukses. Parameter biasanya berbentuk aktivitas yang ditujukan untuk membantu perkembangan bisnis, termasuk juga memonitor perkembangannya.

#9. Unfair Advantage

Komponen ini berbicara seputar keunggulan yang tidak dimiliki kompetitor. Dengan memiliki keunggulan tersebut, perusahaan diharapkan mampu memaksimalkan peluang guna mendongkrak popularitas bisnis.

Keunggulan Lean Canvas

Mengutip salah satu sumber, ada beberapa keunggulan yang dimiliki lean canvas dalam kaitannya dengan perencanaan bisnis. Keunggulan utamanya terkait efisiensi waktu, tenaga, dan anggaran, selain juga sangat sederhana dan efektif.

#1. Lebih Cepat

Dibanding dengan menulis rencana bisnis biasa yang memerlukan waktu hingga berminggu atau berbulan lamanya, pengusaha bisa membuat beberapa kerangka model bisnis hanya dalam beberapa menit atau jam.

#2. Mudah

Pemodelan bisnis dalam satu halaman lebih mudah dibawa dan dibagikan dengan yang lain. Artinya, akan ada lebih banyak yang membaca sehingga ada lebih banyak masukan yang bisa didapat. Ide-ide bisnis kemungkinan besar juga lebih terbarukan.

#3. Efektif

Entah berperan sebagai investor atau sebagai bagian tim dalam suatu projek, lean canvas bisa membantu mengurai kemungkinan masalah yang mungkin muncul sehingga secara efektif bisa ditangani lebih dini. 

#4. Ringkas

Hanya berbentuk lembaran saja, lean canvas sudah memuat semua ide yang diperlukan bisnis. Selain itu lean canvas juga akan memaksa pengusaha untuk lebih memerhatikan nilai penting yang ada dalam suatu produk.

Lean canvas merupakan alat paling berguna yang bisa membantu mengidentifikasi risiko utama saat memulai bisnis baru. Dengan memahami apa itu lean canvas, ide bisnis akan teraktualisasi dengan mendekati sempurna.

Ditulis oleh Ria A W

Like it? Share it!

Sprinthink Event: Online Sharing Session “Innovation in Telkom Indonesia”

Kamis, 25 Februari 2021. Sprinthink mengadakan kegiatan eksklusif untuk peserta BUMN Digital Academy 2021 yaitu Online Sharing Session yang bertajuk “Innovation in Telkom Indonesia”. Pada kesempatan kali ini, Fauzan Feisal selaku Operation Partnership Lead Telkom Indonesia membagikan pengalamannya dalam mengembangkan inovasi di Telkom Indonesia melalui Corporate Startup Program bernama Digital Amoeba. Dalam pemaparannya, Fauzan Feisal

By admin
Baca Selengkapnya

Contoh Kasus VUCA dan Strategi Untuk Menghadapinya

VUCA akan selalu ada di lingkungan manapun, bahkan kehadirannya tak bisa dihindari. Karena bisa hadir dalam kondisi apapun, terutama bisnis, penting untuk mengetahui VUCA agar bisa memahami imbas yang mungkin muncul. Cara terbaik yaitu dengan melihat contoh kasus VUCA. VUCA terdiri empat unsur penting, yaitu volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity. Semua unsur tersebut merupakan tantangan

By admin
Baca Selengkapnya

3 Contoh VUCA di Indonesia di Berbagai Sektor Bisnis

Tidak ada satu sektor bisnis saat ini yang kebal dengan gangguan. Suatu perusahaan mungkin memiliki strategi marketing efektif, tapi untuk berapa lama? Ada banyak contoh VUCA di Indonesia yang imbasnya merugikan perusahaan, bahkan sampai tutup tirai. Sektor migas yang selama ini adem-ayem terganggu karena hadirnya energi terbarukan seperti solar cell. Sektor televisi kalah dengan platform

By admin
Baca Selengkapnya