Siapakah Inovator? Penjelasan dan 7 Karakteristik Lengkapnya

profil
By admin
inovator adalah

Kita butuh seorang inovator, dan dunia juga membutuhkannya. Hal ini jugalah yang menjadi alasan adanya Hari Inovasi setiap 1 November.

Mengingatkan kepada kita betapa pentingnya untuk selalu berpikir inovatif dan kreatif dalam kehidupan sehari-hari.

Seorang inovator dibutuhkan untuk menemukan solusi dari setiap permasalahan serta membawa perubahan yang akhirnya membuat hidup manusia semakin mudah dan menyenangkan.

Terutama dalam berbisnis, sebuah perusahaan menggunakan ide brilian dan pemikiran out of the box dari seorang inovator sebagai dorongan untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih maju.

Siapakah Inovator?

Inovator adalah seseorang yang memiliki kapasitas untuk mengubah pengetahuan, masalah dan keterampilan menjadi suatu solusi berbentuk produk atau layanan yang sukses.

Outputnya bisa berupa sesuatu yang besar, dikenal dan diakui dunia. Atau berupa sesuatu yang kecil yang pada akhirnya sama-sama membawa ke perubahan positif yang signifikan.

Meskipun 84% jajaran eksekutif mengklaim bahwa inovasi sangat penting untuk strategi pertumbuhan, hanya 6% yang puas dengan kinerja inovasi mereka.

Sulit membayangkan tingkat keberhasilan yang rendah akan ditoleransi oleh pemimpin bisnis mana pun. Salah satu alasannya adalah banyak eksekutif dilatih untuk menjadi manajer dan operator, bukan sebagai inovator.

Terkadang, masyarakat tidak mengenal siapa yang mencetuskan ide dari produk atau layanan inovatif yang sedang mereka gunakan. Yang mereka tahu perusahaan pemilik produk ini merupakan perusahaan inovatif.

CEO Google, Eric Schmidt menekankan bahwa inovasi adalah tentang mengubah visi menjadi produk atau layanan baru, “Karakter dari inovator hebat dan perusahaan hebat adalah mereka melihat ruang yang tidak dimiliki orang lain. Mereka tidak hanya mendengarkan apa yang orang katakan kepada mereka; mereka benar-benar menemukan sesuatu yang baru, sesuatu yang Anda tidak tahu bahwa Anda membutuhkannya, tetapi saat Anda melihatnya, Anda berkata, ‘Saya harus memilikinya’,”.

Seperti Apa Ciri-ciri Karakter Inovator yang Hebat?

Jika Anda ingin perusahaan Anda berjalan lebih inovatif, Anda membutuhkan karakteristik pemimpin yang lebih inovatif dari biasanya.

Apa maksud dari pemimpin yang lebih inovatif? Yaitu pemimpin yang memiliki kemampuan untuk mengubah ide dan teknologi baru menjadi aset yang akan mengubah bisnis mereka dan meningkatkan ekonomi bisnis Anda.

Untuk mendidik dan mendukung para pemimpin yang inovatif, pertama-tama kita harus mengidentifikasi apa yang menjadi ciri khas mereka. Beberapa karakteristik yang diwujudkan oleh pemimpin bisnis inovator adalah sebagai berikut.

1. Menghargai Inovasi Sekecil Apapun

Banyak perusahaan dan bisnis yang nyaman dengan kondisi yang sekarang berjalan.

Tapi, para inovator menyadari bahwa inovasi adalah satu-satunya cara untuk tetap benar-benar kompetitif di pasar.

Seperti yang terjadi ketika ada pandemi Covid-19, semua bisnis yang tadinya nyaman berada di dunia konvensional dan tidak ingin berpaling, sekarang harus menyentuh dunia digital yang sama sekali baru bagi mereka.

Oleh sebab itu, seorang inovator akan selalu menghargai inovasi dan perubahan sekecil apapun dan bersedia membantu orang lain untuk melakukan hal yang sama.

2. Berkepribadian Dinamis dan Open Minded

Inovator adalah pemimpin unik yang berkomitmen untuk menciptakan budaya organisasi perusahaan yang dinamis, sangat produktif serta mempekerjakan orang-orang yang bersemangat dalam pekerjaan mereka.

Dia memberi mereka kesempatan untuk tumbuh; membuat mereka merasa dihargai dan dihormati; dan memberi mereka kejelasan tentang peran dan tanggung jawab mereka di organisasinya.

3. Berani Mengambil Resiko

Para inovator menyadari bahwa mengambil risiko adalah bagian dari membuat penemuan hebat dan memajukan masyarakat. Inovator hebat mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Faktanya, 80% inovator hebat mendorong karyawan untuk memiliki rasa ingin tahu, dan 76% secara sistematis mendorong pengambilan risiko.

Budaya mengambil risiko berarti mendorong ide-ide baru dan belajar dari kegagalan, melihatnya sebagai kesempatan untuk berkembang daripada sebagai sebuah hukuman.

4. Tidak Pernah Berhenti Belajar

Para inovator memahami bahwa inovasi bukanlah hal yang hanya dilakukan sekali dan mereka sadar bahwa perusahaan baru atau sudah besar juga harus terus-menerus mencapai berinovasi agar tetap kompetitif.

Pernyataan ini semakin kuat dengan semakin mudahnya startup kecil yang baru dirilis mampu dengan mudah mengalahkan perusahaan besar hanya karena lebih gesit dan paham dunia digital.

5. Terbuka dengan Ide Baru

Terlalu banyak orang yang merasa bahwa mereka tidak dapat bergerak maju dengan sebuah ide sampai mereka yakin bahwa itu adalah yang terbaik.

Inovator hebat menyadari bahwa mereka tidak akan tahu ide apa yang layak dikejar sampai mereka mencobanya.

Bahkan, mereka tidak takut dengan ide buruk karena mereka tahu bahwa ide bagus biasanya ada di belakang.

6. Peduli dengan Lingkungan Sekitar dan Menyukai Kolaborasi

Inovator memahami inovasi tidak pernah terjadi dalam ruang hampa dan kesendirian. Mereka menghargai, membangun, dan mempertahankan relasi, aset, dan organisasi tim yang aktif.

Alih-alih melihat kolaborasi sebagai tantangan, mereka melihatnya sebagai peluang untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman.

7. Percaya Diri dan Berpikiran Positif

Inovator adalah orang yang percaya diri. Mereka tidak takut dengan risiko. Alih-alih takut akan hal yang tidak diketahui, para inovator yakin tentang peluang yang akan datang.

Mereka percaya selalu bisa menemukan solusi dari sebuah permasalahan dalam kondisi apapun dan cenderung memiliki keyakinan yang tidak realistis yang berlebihan.

Namun, mereka tetap paham pentingnya mendengarkan dan menerima saran demi menghindari kesalahan.

Sebagai seorang inovator, Anda harus memiliki sikap positif dan tetap semangat, meski dalam kondisi kurang ideal.

Anda tidak dapat berasumsi bahwa sesuatu tidak akan berhasil hanya karena belum pernah dilakukan seperti itu sebelumnya.

Inovator menyadari bahwa jika Anda melakukan apa yang selalu Anda lakukan, Anda mendapatkan apa yang selalu Anda dapatkan.

Siap Menjadi Inovator Hebat?

Untuk mendorong generasi pemimpin dan perusahaan muda di Indonesia yang inovatif dan mampu menaklukan batas dalam cara memimpin industri, SPRINTHINK bersama 2.000+ inovator lainnya selalu siap untuk mengasah kemampuan tim dalam perusahaan Anda.

Dapatkan strategi terbaik dalam mengasah kemampuan inovator yang hebat. Cukup isi form yang ada di halaman home web ini, tim kami akan menghubungi Anda maksimal 1×24 jam di hari kerja.

Ditulis oleh Rendy Andriyanto

Like it? Share it!

Get In Touch!

Ingin konsultasi seputra pengembangan inovasi di perusahaan Anda? Jangan ragu hubungi kami, konsultasi gratis.

    8 Kriteria Perusahaan Inovatif yang Wajib Ditiru

    Inovasi tidak datang dengan sendirinya ke dalam sebuah perusahaan. Membutuhkan perusahaan yang secara aktif mengembangkannya dalam ribuan cara, mulai dari mempekerjakan anggota tim baru hingga meluangkan waktu untuk bereksperimen pada ide-ide segar. Namun, ada beberapa kriteria perusahaan inovatif yang dapat kita kenali dan kita tiru untuk menjadikan perusahaan Anda sendiri lebih mudah berkembang dan mendapatkan

    By admin
    Baca Selengkapnya

    10 Cara Meningkatkan Produktivitas Manajemen Perusahaan di 2022

    Sejak pandemi COVID-19 melanda, banyak hal yang berubah dalam kehidupan, termasuk dalam dunia kerja. Meski bekerja secara remote bukan konsep baru, tapi di era New Normal, banyak perusahaan yang menerapkan Work From Home alias bekerja online dari rumah. Bahkan, tak sedikit perusahaan yang menerapkan  sistem kerja hybrid bagi karyawan, kadang datang ke kantor, dan selebihnya

    By admin
    Baca Selengkapnya

    7 Cara Meningkatkan Kemampuan Leadership Terbaik

    Tahukah Anda bahwa 79% karyawan akan meninggalkan pekerjaannya jika mereka tidak merasa dihargai oleh mereka yang memegang peran kepemimpinan? Seperti kata pepatah, orang berhenti karena bos, bukan perusahaan. Inilah sebabnya penting bagi manajer untuk terus-menerus melihat bagaimana meningkatkan kemampuan leadership mereka. Tidak hanya itu akan meningkatkan omset, tetapi tim Anda akan lebih produktif, efisien dan

    By admin
    Baca Selengkapnya