Perkembangan Inovasi di Dunia Digital Saat Ini

profil
By admin
Perkembangan Inovasi

Perkembangan inovasi di dunia digital saat ini memang begitu pesat. Perkembangan dan pertumbuhan tersebut tidak bisa dihindari lagi karena memang teknologi yang terus bertumbuh tanpa ada yang bisa menghalangi. Seperti kita tahu, teknologi yang ada sekarang ini hampir setiap hari mengalami pertumbuhan. Buktinya, disetiap waktunya kita selalu disuguhkan berbagai produk inovasi terbaru. 

Pertumbuhan Teknologi yang Membuka Peluang Ekonomi 

Dalam sebuah kolom opini yang ditulis oleh DR. Ir. Agus Puji Prasetyono, M.Eng di  https://ristekdikti.go.id pada 24 Oktober 2017 dinyatakan bahwa gelombang perkembangan inovasi global terjadi begitu cepat dan bahkan sudah sangat sulit dibendung lagi. Dari sini maka terjadi akselerasi yang sangat tinggi dalam kompetisi ekonomi global dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Kecanggihan teknologi dengan inovasinya yang terus bertumbuh ini ternyata menghadirkan peluang bagi siapapun yang ingin meraup keuntungan di dunia maya. Peluang yang menarik tersebut pun langsung direspon oleh berbagai pihak untuk menghadirkan startup digital dan inovasi di dunia digital. Dunia digital atau ada yang menyebut dunia maya memang sudah sangat akrab pada masyarakat modern sekarang. Bahkan sejak bangun tidur, apa yang dilakukan pertama kali adalah membuka dunia digital untuk mengetahui kabar dan pesan melalui media sosial atau aplikasi instant messenger. Perkembangan inovasi di dunia digital sendiri kini memang semakin terlihat dari makin banyaknya bermunculan startup baru. Dari keberadaan startup-startup baru inilah maka semakin banyak kegiatan dalam kehidupan manusia yang dimudahkan.

inovasi di dunia digital

Berbagai Startup Hadirkan Inovasi yang Solutif

Menurut Jason Tedjasukmana selaku Head of Corporate Communication Google Indonesia, menyatakan bahwa di Indonesia sudah banyak startup yang telah mampu memecahkan permasalahan di masyarakat. Salah satu contoh startup digital yang mampu melakukannya adalah Go-Jek yang merupakan startupdalam bidang penyediaan transportasi online. Selain itu ada juga HijUp yang merupakan startupfashion muslim untuk perempuan Indonesia. Kedua startup ini memang terbukti sudah berhasil meraih pasar. Tentu saja keberhasilan kedua startup ini dikarenakan inovasi yang dihadirkan begitu solutif.

Kehadiran teknologi dan startup yang meluncur di dunia digital ini memang bertujuan untuk memudahkan kehidupan manusia. Dari sinilah maka ada banyak startup yang kemudian mampu mengubah cara hidup manusia. Bahkan beberapa diantarastartup yang ada saat ini sudah mampu mengubah dunia. Keberadaan startupyang banyak membantu dan diminati masyarakat memang akan mampu menjadi yang terdepan dan terpopuler. Bila hal ini sudah didapati sebuah startup, maka kehidupan manusia di dunia pun bisa diubahnya.

Inovasi di Dunia Digital Paling Diminati

Inovasi di dunia digital sendiri saat ini sudah banyak bermunculan dan dirasakan manusia. Namun dari semua inovasi tersebut, tidak semua diminati publik. Tentu saja inovasi yang solutif yang akan mendapat respon besar dari masyarakat. Dalam survei Microsoft Asia Digital Future, setidaknya ada 3 inovasi inovasi teknologi digital yang paling diminati generasi muda. Inovasi teknologi digital yang paling diminati generasi muda tersebut antara lain Internet of Things (IoT), ArtificialIntelligence (Kecerdasan Buatan) dan virtual / mixed / augmented reality (VR / MR / AR).

Startup yang solutif memang sangat diperlukan untuk kehidupan di era pertumbuhan digital sekarang ini. Untuk bisa menghadirkan startup yang solutif sendiri dibutuhkan sebuah pemikiran dan inovasi yang berfokus pada pemecahan masalah manusia dan masyarakat. Inovasi sendiri tidak hanya berlaku pada startup, tapi perusahaan atau korporasi juga dituntut untuk berinovasi. Tapi bagaimanan cara hadirkan inovasi di perusahaan atau korporasi? Tidak perlu bingung, coba saja jasa konsultasi yang satu ini untuk raih sukses dalam Inovasi di dunia digital.

Ditulis oleh Asep Irwan

Like it? Share it!

Contoh Kasus VUCA dan Strategi Untuk Menghadapinya

VUCA akan selalu ada di lingkungan manapun, bahkan kehadirannya tak bisa dihindari. Karena bisa hadir dalam kondisi apapun, terutama bisnis, penting untuk mengetahui VUCA agar bisa memahami imbas yang mungkin muncul. Cara terbaik yaitu dengan melihat contoh kasus VUCA. VUCA terdiri empat unsur penting, yaitu volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity. Semua unsur tersebut merupakan tantangan

By admin
Baca Selengkapnya

3 Contoh VUCA di Indonesia di Berbagai Sektor Bisnis

Tidak ada satu sektor bisnis saat ini yang kebal dengan gangguan. Suatu perusahaan mungkin memiliki strategi marketing efektif, tapi untuk berapa lama? Ada banyak contoh VUCA di Indonesia yang imbasnya merugikan perusahaan, bahkan sampai tutup tirai. Sektor migas yang selama ini adem-ayem terganggu karena hadirnya energi terbarukan seperti solar cell. Sektor televisi kalah dengan platform

By admin
Baca Selengkapnya

Intip 7 Perbedaan Lean Canvas dan Business Model Canvas

Pebisnis manapun pasti mencari strategi pemodelan bisnis yang mampu memberi profit dalam jumlah besar tapi dengan cara yang sederhana. Lean canvas dan business model canvas menyediakan peluang tersebut. Tapi apa perbedaan lean canvas dan business model canvas? Lean canvas merupakan strategi yang dikembangkan Ash Maurya dengan fokus utama menyasar pada pendekatan bisnis dengan target utama

By admin
Baca Selengkapnya