5 Peran Penting Budaya Organisasi di Perusahaan

profil
By admin
budaya organisasi perusahaan

Baik buruknya budaya organisasi perusahaan akan mempengaruhi operasional rekrutmen dan persentase retensi karyawan di dalam bisnis Anda.

Hal ini terjadi karena budaya perusahaan Anda secara langsung mempengaruhi jenis kandidat yang Anda akan rekrut dan karyawan yang Anda akan pertahankan.

Lebih dari itu, budaya merupakan kunci dari setiap inovasi dan kreativitas yang dikembangkan oleh setiap individu di internal untuk mencapai apa yang diperlukan agar bisnis Anda sukses.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh mengabaikannya dan segeralah mencari tahu budaya seperti apa yang sedang berjalan dan ingin Anda bawa ke arah mana budaya ini menyesuaikan dengan visi misi dari perusahaan Anda sendiri.

Di dalam artikel ini, akan kita bahas banyak hal yang ada di dalam sebuah budaya organisasi perusahaan. Mari lihat satu per satu topiknya.

Apa yang Dimaksud dengan Budaya Organisasi Perusahaan?

Budaya organisasi perusahaan adalah kumpulan value, sifat, karakteristik dan kebiasaan yang akan menjadi informasi bagi semua individu di dalamnya tentang bagaimana mereka harus menjalankan aktivitas sehari-harinya di dalam organisasi.

Budaya tidak mengikat siapapun ke dalam sebuah aturan yang akan ada hukuman dan insentif apabila ada yang melanggar atau mempertahankannya.

Jangan bingung antara budaya dengan tujuan atau visi misi perusahaan, karena sudah jelas bahwa budaya diciptakan melalui perilaku yang konsisten dan otentik, bukan siaran pers atau dokumen kebijakan. 

Anda bisa menyebutnya dengan singkat sebagai kepribadian perusahaan.

Kepribadian perusahaan yang kuat, menarik dan sehat akan menarik perhatian kandidat yang tepat untuk posisi pekerjaan yang Anda butuhkan dan membuat mereka nyaman selama di sana.

Bahkan, 77% orang dewasa akan mengevaluasi kepribadian perusahaan terlebih dahulu sebelum melamar pekerjaannya serta 56% orang menilai budaya perusahaan organisasi lebih penting daripada kompensasi.

Jadi, tidak peduli seberapa besar atau kecilnya perusahaan Anda, budaya yang positif harus Anda pikirkan dari sekarang.

Sehingga bisa disimpulkan budaya dalam sebuah organisasi dan perusahaan memiliki fungsi beberapa hal berikut:

  1. Meningkatkan kesetiaan karyawan
  2. Mempermudah perusahaan mencari kandidat terbaik
  3. Menjaga sikap, perilaku dan semua aktivitas agar tidak menyimpang dari budaya
  4. Menciptakan suasana lingkungan kantor yang menyenangkan
  5. Meningkatkan motivasi kerja karyawan dalam mencapai tujuan bisnis

Kriteria Budaya Organisasi Perusahaan yang Sempurna

Tidak ada standar yang mengatur budaya organisasi perusahaan menjadi paling sempurna dibandingkan yang lainnya.

Karena, cocok atau sempurna tidaknya budaya tersebut menyesuaikan dengan industri bisnis yang sedang Anda jalankan.

Bisa jadi budaya yang berani mengambil resiko bagus untuk industri pertambangan tapi buruk untuk industri kesehatan.

Tapi, Anda bisa mengambil beberapa kriteria yang akan diterapkan di perusahaan Anda dari daftar berikut ini:

  • Berani mengambil resiko
  • Perhatian yang lebih pada berbagai hal secara detail
  • Bekerja sesuai deadline
  • Bisa mengerjakan tugas lebih cepat
  • Berorientasi pada hasil
  • Sangat memperhatikan sumber daya manusianya
  • Kuat dalam bekerja secara tim
  • Budaya yang kompetitif antar karyawan
  • Stabil dan merasa cukup
  • Bersikap terbuka dengan kolega
  • Mengedepankan kepentingan bersama
  • Mendukung inovasi dan kreativitas semua karyawan
  • Tidak menutup diri dengan pendapat orang lain

Bagian manakah yang sekiranya sudah ada di perusahaan Anda? Manakah yang ingin Anda terapkan?

Perhatikanlah bahwa budaya akan terbentuk jika semua orang setuju atau diarahkan agar setuju. Budaya tidak akan terbentuk jika hanya satu orang yang melakukannya.

SPRINTHINK merupakan salah satu tim AMOEBA PT. Telkom Indonesia yang berfokus pada jasa layanan Corporate Innovation Consultation yang membantu perusahaan kecil dan besar mengelola bisnis dan SDM-nya.

Konsultasikan dengan 2.000+ inovator kami bila Anda ingin mendapatkan strategi penerapan budaya. Cukup isi form yang ada di halaman home web ini, tim kami akan menghubungi Anda maksimal 1×24 jam di hari kerja.

Ditulis oleh Rendy Andriyanto

Like it? Share it!

Get In Touch!

Ingin konsultasi seputra pengembangan inovasi di perusahaan Anda? Jangan ragu hubungi kami, konsultasi gratis.

    Apa Itu Intrapreneurship beserta 7 Karakteristik Utamanya

    Dalam berkarir di perusahaan, tak jarang ada beberapa karyawan yang ditunjuk atasan untuk mengerjakan project dengan tujuan menghadirkan inovasi dan ide-ide cemerlang. Inovasi yang ada nantinya ini tentu memiliki tujuan agar bisnis di perusahaan akan semakin maju. Nah apa yang dilakukan karyawan dalam project tadi disebut dengan intrapreneurship. Sedangkan orang atau karyawan yang mengerjakanya disebut

    By admin
    Baca Selengkapnya

    Bagaimana Cara Berinovasi di Perusahaan? Ikuti 8 Langkah Berikut!

    Dalam persaingan bisnis yang semakin sengit saat ini, membuat siapapun pengusahanya mau tak mau harus terus bergerak dan tahu cara berinovasi dengan pasti. Bisnis yang diam tanpa pengembangan produk atau manajemen memang akan mudah tergeser atau tersisih. Dari sinilah peran inovasi dalam sebuah bisnis sangat penting bagi kelanjutan perusahaan. Tapi bagaimana cara berinovasi atau menciptakan

    By admin
    Baca Selengkapnya

    Penasaran dengan Peran Manajer Inovasi? Ini Daftarnya!

    Inovasi adalah usaha yang sangat kompleks dan komprehensif. Dibutuhkan berbagai fungsi dan keterampilan untuk mengembangkan produk atau layanan baru dari ide awal dan memposisikannya dengan sukses di market. Hal ini menempatkan berbagai tuntutan pada manajemen inovasi di sebuah perusahaan. Manajer inovasi adalah karyawan yang punya peran dan tanggung jawab berfokus pada pengembangan produk, layanan, atau

    By admin
    Baca Selengkapnya