Apa Itu Design Thinking? Cari Tahu Disini

profil
By admin
Definisi Design Thinking

Sebagai pebisnis yang ingin memecahkan masalah dengan lebih efektif, Anda perlu tahu apa itu design thinking. Design thinking yang diperkenalkan oleh David Kelley dan Tim Brown sebagai pendiri IDEO ini memang sangat mumpuni untuk menghadirkan problem-solving yang efektif. Ini dikarenakan design thinking tersebut dikonsep dengan berfokus pada kebutuhan pengguna (user centered). Seperti kita tahu kebutuhan pengguna adalah yang terpenting untuk diakomodasi apabila kita ingin menghasilkan produk yang berhasil. Bila Anda bisa mengakomodasi kebutuhan user dengan baik, maka market akan banyak datang kepada Anda.

Pahami Dulu Apa Itu Design Thinking

Untuk bisa membuat produk yang mampu mengakomodasi kebutuhan pengguna, maka Anda memang harus memahami apa itu design thinking. Design thinking sendiri yaitu metode atau formula untuk menyelesaikan masalah dengan mendasarkan pada kebutuhan pengguna atau user. Berfokusnya design thinking pada pengguna atau user ini bisa dilihat dari salah satu elemennya yakni people centered yang menekankan pada kebutuhan user pada setiap proses dan tindakan yang dijalankan. Elemen design thinking lainnya sendiri yaitu highly creative, (kreativitas seluas-luasnya), hands on (percobaan langsung) serta iterative (improvisasi dengan proses serta tahapan yang berulang-ulang).

Tidak hanya dari elemennya, tapi berfokusnya design thinking pada kebutuhan pengguna ini juga terlihat dari tahapan cara kerjanya. Salah satu tahapan cara kerja design thinking yang paling menggambarkannya adalah empathize. Dalam tahap ini proses design thinking akan dilakukan dengan cara mengetahui serta memahami pengalaman dan situasi dari pengguna. Untuk itu kemudian akan dilakukan observasi kehidupan user dan juga interview agar benar-benar memahami kebutuhannya. Selain tahapan empathize, dalam design thinking ini juga bisa kita dapati beberapa tahapan lain seperti define (pembuatan gagasan atau ide), ideate (pembuatan desain solusi bersama tim), prototype (pembuatan prototipe produk), serta test (uji coba prototipe produk).

Manfaat Design Thinking untuk Perusahaan

apa itu design thinking
Sumber : https://startup-speakup.com

Design thinking sebagai metode creative problem-solving sudah banyak diminati oleh beberapa perusahaan besar untuk konsep produknya. Digunakannya design thinking oleh perusahaan besar ini memang bukan tanpa alasan. Ini karena design thinking ini memang memiliki nilai fungsi yang lebih baik serta mudah untuk digunakan. Selain itu, beberapa manfaat dan kegunaan yang bisa didapatkan dari formula design thinking ini antara lain :

  • Merancang desain produk dengan lebih baik
  • Mengembangkan ide-ide baru
  • Melahirkan inovasi yang berdampak luas
  • Melahirkan solusi untuk atasi permasalahan yang ada.

Solusi yang Solutif dan Efektif

Solusi yang dihadirkan oleh design thinking ini memang akan terbilang efektif. Ini karena solusi yang dihadirkan selain karena telah dielaborasi dengan berbagai ide dan gagasan, juga didasarkan dan difokuskan pada kebutuhan pengguna atau user. Tidak hanya itu hasil uji coba terhadap prototipe produk akan semakin menyakinkan bahwa design thinking ini memang akan dapat menghadirkan jalan keluar yang tepat. Dari keseluruhan hal yang ditawarkan design thinking tadi, maka solusi yang muncul akan sangat solutif dan efektif dalam mengatasi permasalahan yang ada dalam market atau produk itu sendiri. Karena kebutuhan market ini sudah bisa dijawab dengan solusi dari design thinking, maka Anda pun akan bisa mengembangkan bisnis dan perusahaan dengan lebih baik.

Dari sini apa Anda sudah paham apa itu design thinking?  Bila Anda belum memahaminya, Anda bisa mulai pembelajaran yang lebih intens dan merasakannya langsung di sini. Dengan penjelasannya nanti, Anda akan lebih mudah untuk mengerti dan memahami apa itu design thinking.

Ditulis oleh Asep Irwan

Like it? Share it!

Get In Touch!

Ingin konsultasi seputra pengembangan inovasi di perusahaan Anda? Jangan ragu hubungi kami, konsultasi gratis.

    4 Tipe Inovasi yang Membantu Perusahaan Anda Lebih Maju

    Tidak semua strategi dalam berinovasi memberikan output yang positif dan memberikan hasil yang baik perusahaan. Karena pada intinya, inovasi dan kreativitas digunakan untuk memecahkan masalah, yang mana masing-masing masalah punya cara yang berbeda juga untuk memecahkan masalahnya. Tapi, banyak perusahaan yang menganggap seolah-seolah hanya ada satu cara untuk berinovasi, mereka mengunci diri ke dalam satu

    By Masa
    Baca Selengkapnya

    Siapakah Inovator? Penjelasan dan 7 Karakteristik Lengkapnya

    Kita butuh seorang inovator, dan dunia juga membutuhkannya. Hal ini jugalah yang menjadi alasan adanya Hari Inovasi setiap 1 November. Mengingatkan kepada kita betapa pentingnya untuk selalu berpikir inovatif dan kreatif dalam kehidupan sehari-hari. Seorang inovator dibutuhkan untuk menemukan solusi dari setiap permasalahan serta membawa perubahan yang akhirnya membuat hidup manusia semakin mudah dan menyenangkan.

    By Masa
    Baca Selengkapnya

    5 Peran Penting Budaya Organisasi di Perusahaan

    Baik buruknya budaya organisasi perusahaan akan mempengaruhi operasional rekrutmen dan persentase retensi karyawan di dalam bisnis Anda. Hal ini terjadi karena budaya perusahaan Anda secara langsung mempengaruhi jenis kandidat yang Anda akan rekrut dan karyawan yang Anda akan pertahankan. Lebih dari itu, budaya merupakan kunci dari setiap inovasi dan kreativitas yang dikembangkan oleh setiap individu

    By Masa
    Baca Selengkapnya