Apa Itu Design Thinking? Cari Tahu Disini

profil
By admin
Definisi Design Thinking

Sebagai pebisnis yang ingin memecahkan masalah dengan lebih efektif, Anda perlu tahu apa itu design thinking. Design thinking yang diperkenalkan oleh David Kelley dan Tim Brown sebagai pendiri IDEO ini memang sangat mumpuni untuk menghadirkan problem-solving yang efektif. Ini dikarenakan design thinking tersebut dikonsep dengan berfokus pada kebutuhan pengguna (user centered). Seperti kita tahu kebutuhan pengguna adalah yang terpenting untuk diakomodasi apabila kita ingin menghasilkan produk yang berhasil. Bila Anda bisa mengakomodasi kebutuhan user dengan baik, maka market akan banyak datang kepada Anda.

Pahami Dulu Apa Itu Design Thinking

Untuk bisa membuat produk yang mampu mengakomodasi kebutuhan pengguna, maka Anda memang harus memahami apa itu design thinking. Design thinking sendiri yaitu metode atau formula untuk menyelesaikan masalah dengan mendasarkan pada kebutuhan pengguna atau user. Berfokusnya design thinking pada pengguna atau user ini bisa dilihat dari salah satu elemennya yakni people centered yang menekankan pada kebutuhan user pada setiap proses dan tindakan yang dijalankan. Elemen design thinking lainnya sendiri yaitu highly creative, (kreativitas seluas-luasnya), hands on (percobaan langsung) serta iterative (improvisasi dengan proses serta tahapan yang berulang-ulang).

Tidak hanya dari elemennya, tapi berfokusnya design thinking pada kebutuhan pengguna ini juga terlihat dari tahapan cara kerjanya. Salah satu tahapan cara kerja design thinking yang paling menggambarkannya adalah empathize. Dalam tahap ini proses design thinking akan dilakukan dengan cara mengetahui serta memahami pengalaman dan situasi dari pengguna. Untuk itu kemudian akan dilakukan observasi kehidupan user dan juga interview agar benar-benar memahami kebutuhannya. Selain tahapan empathize, dalam design thinking ini juga bisa kita dapati beberapa tahapan lain seperti define (pembuatan gagasan atau ide), ideate (pembuatan desain solusi bersama tim), prototype (pembuatan prototipe produk), serta test (uji coba prototipe produk).

Manfaat Design Thinking untuk Perusahaan

apa itu design thinking
Sumber : https://startup-speakup.com

Design thinking sebagai metode creative problem-solving sudah banyak diminati oleh beberapa perusahaan besar untuk konsep produknya. Digunakannya design thinking oleh perusahaan besar ini memang bukan tanpa alasan. Ini karena design thinking ini memang memiliki nilai fungsi yang lebih baik serta mudah untuk digunakan. Selain itu, beberapa manfaat dan kegunaan yang bisa didapatkan dari formula design thinking ini antara lain :

  • Merancang desain produk dengan lebih baik
  • Mengembangkan ide-ide baru
  • Melahirkan inovasi yang berdampak luas
  • Melahirkan solusi untuk atasi permasalahan yang ada.

Solusi yang Solutif dan Efektif

Solusi yang dihadirkan oleh design thinking ini memang akan terbilang efektif. Ini karena solusi yang dihadirkan selain karena telah dielaborasi dengan berbagai ide dan gagasan, juga didasarkan dan difokuskan pada kebutuhan pengguna atau user. Tidak hanya itu hasil uji coba terhadap prototipe produk akan semakin menyakinkan bahwa design thinking ini memang akan dapat menghadirkan jalan keluar yang tepat. Dari keseluruhan hal yang ditawarkan design thinking tadi, maka solusi yang muncul akan sangat solutif dan efektif dalam mengatasi permasalahan yang ada dalam market atau produk itu sendiri. Karena kebutuhan market ini sudah bisa dijawab dengan solusi dari design thinking, maka Anda pun akan bisa mengembangkan bisnis dan perusahaan dengan lebih baik.

Dari sini apa Anda sudah paham apa itu design thinking?  Bila Anda belum memahaminya, Anda bisa mulai pembelajaran yang lebih intens dan merasakannya langsung di sini. Dengan penjelasannya nanti, Anda akan lebih mudah untuk mengerti dan memahami apa itu design thinking.

Ditulis oleh Asep Irwan

Like it? Share it!

Sprinthink Event: Online Sharing Session “Innovation in Telkom Indonesia”

Kamis, 25 Februari 2021. Sprinthink mengadakan kegiatan eksklusif untuk peserta BUMN Digital Academy 2021 yaitu Online Sharing Session yang bertajuk “Innovation in Telkom Indonesia”. Pada kesempatan kali ini, Fauzan Feisal selaku Operation Partnership Lead Telkom Indonesia membagikan pengalamannya dalam mengembangkan inovasi di Telkom Indonesia melalui Corporate Startup Program bernama Digital Amoeba. Dalam pemaparannya, Fauzan Feisal

By admin
Baca Selengkapnya

Contoh Kasus VUCA dan Strategi Untuk Menghadapinya

VUCA akan selalu ada di lingkungan manapun, bahkan kehadirannya tak bisa dihindari. Karena bisa hadir dalam kondisi apapun, terutama bisnis, penting untuk mengetahui VUCA agar bisa memahami imbas yang mungkin muncul. Cara terbaik yaitu dengan melihat contoh kasus VUCA. VUCA terdiri empat unsur penting, yaitu volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity. Semua unsur tersebut merupakan tantangan

By admin
Baca Selengkapnya

3 Contoh VUCA di Indonesia di Berbagai Sektor Bisnis

Tidak ada satu sektor bisnis saat ini yang kebal dengan gangguan. Suatu perusahaan mungkin memiliki strategi marketing efektif, tapi untuk berapa lama? Ada banyak contoh VUCA di Indonesia yang imbasnya merugikan perusahaan, bahkan sampai tutup tirai. Sektor migas yang selama ini adem-ayem terganggu karena hadirnya energi terbarukan seperti solar cell. Sektor televisi kalah dengan platform

By admin
Baca Selengkapnya